BREAKINGNEWS.CO.ID - Pengamat politik dari Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API), Maksimus Ramses Lalongkoe mengatakan setidaknya ada dua analisa terkait dengan pidato kebangsaan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto malam nanti.

Adapun pidato Prabowo tersebut seperti dibocorkan oleh Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Djoko Santoso (Djoksan) yakni terkait kecurangan Pilpres 2019 dan wacana mundurnya Prabowo.

"Pertama, kalau nanti beliau (Prabowo) membuat pernyataan demikian, itu artinya beliau belum dewasa dalam berpolitik. Pemilu ini kan ada aturannya dan ada lembaga yang mengawasi bila ada kecurangan dan ada penegak hukum untuk mengadili bila terjadi kecurangan," kata Ramses kepada breakingnews.co.id memaparkan analisa tersebut, Senin (14/1/2019).

Adapun analisa kedua, lanjut Ramses, andai Prabowo benar-benar membuat pernyataan begitu, maka bisa jadi ini bagian dari strategi politik mereka. "Strategi politik itu yakni untuk memberikan sinyal kepada publik dan pihak terkait lainnya agar tidak melakukan kecurangan," ujar Direktur Eksekutif L-API itu.

Terkait apakah isi pidato yang dibocorkan oleh Djoksan itu merupakan bentuk ketakutan kubu 02 dalam menghadapi Pilpres 2019, dirinya pun tak menampik. Menurutnya, bisa saja hal itu sudah dikalkulasikan oleh kubu 02 sendiri terkait dengan peluang untuk memenangkan ajang pesta demokrasi lima tahunan itu semakin mengecil.

"Sehingga ada upaya penggiringan opini publik seolah-olah pilpres kali ini curang. Padahal kan belum ada lembaga resmi yang mengatakan pilpres curang," tutur Ramses yang juga salah satu dosen di Universitas Mercu Buana Jakarta itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, berdasarkan undangan yang disebar dikalangan wartawan, mantan Danjen Kopassus itu dijadwalkan menyampaikan pidato kebangsaan 'Indonesia Menang' di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada hari ini, Senin (14/1/2019). Pidato tersebut diagendakan berlangsung mulai dari pukul 19.00 WIB.

Terkait dengan 'Indonesia Menang' sendiri merupakan tagline visi misi Prabowo-Sandiaga yang baru, yang dinyatakan untuk rakyat. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengatakan akan memakai konsep town hall meeting saat jagoannya memaparkan visi misi.