BREAKINGNEWS.CO.ID - Bek Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, jika dilihat wajahnya mengingatkan kita kepada mantan bek Timnas Indonesia pasa masa 1997-2004 yaitu Bejo Sugiantoro. Pemain belakang itu yang tangguh dilahirkan dari program PSSI yang bernama Primavera.

Yap, benar sekali. Rachmat Irianto merupakan anak kandung dari Bejo yang kini menjadi asisten pelatih Persebaya Surabaya. Rachmat Irianto tak mengandalkan nama ayahnya untuk berada di posisi Timnas Indonesia U-22 saat ini. Pasalnya, Pemain berusia 19 tahun tersebut merupakan jebolan dari Timnas Indonesia U-19 yang kala itu juga dikomandoi oleh Indra Sjafri yang saat ini menjabat sebagai pelatih Timnas Timnas Indonesia U-22.

Rachmat Irianto saat ini masuk ke dalam daftar 30 pemain Timnas Indonesia U-22 yang tengah menjalani pemusatan latihan jelang berlangsungnya Piala AFF pertengahan Februari 2018 di Kamboja. Sudah dua kali program degradasi yang dilakukan Indra Sjafri, nama Rahmat tetap mengisi posisi yang tak tergantikan.

Memasuki pekan ketiga ini, Rachmat mengaku mendapatkan ilmu tambahan selama menjalani pemusatan latihan. Hal itu yang membuatnya semakin percaya diri. "Ada perkembangan karena di Timnas Indonesia U-22 ini banyak pemain yang lebih senior. Jadi, saya merasa semakin percaya diri setelah dua pekan terakhir di sini," kata Rachmat Irianto, saat ditemui selepas menjalani latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Pemain Persebaya ini mengaku persaingan di posisinya sangat berat. Pasalnya, ada sejumlah pemain yang sudah terbilang senior di kategoei U-22 ini seperti Bagas Adi (Balu United), Andi Setyo (Bali United) Dan tandemnya di Timnad Indonesia U-19, Nurhidayat. "Pastinya saya dan yang lain sudah kerja keras memberikan yang terbaik untuk bisa terpilih," ucapnya.

Piala AFF U-22 2019 digelar di Kamboja pada 17 Februari hingga 2 Maret. Turnamen U-22 ini merupakan yang pertama digelar federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF). Sebelumnya, AFF hanya menggelar turnamen kelompok senior, U-19 dan U-16. Berdasarkan hasil drawing, Indonesia bergabung di Grup B bersama tua rumah Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Myanmar. Sedangkan Grup A berisikan Thailand, Vietnam, Filipina, Timor Leste, Laos, dan Brunei Darussalam.


Berikut jadwal laga Indonesia di fase grup Piala AFF U-22:

18 Februari 2019: Indonesia vs Myanmar
20 Februari 2019: Singapura vs Indonesia
24 Februari 2019: Indonesia vs Malaysia
26 Februari 2019: Kamboja vs Indonesia