BREAKINGNEWS.CO.ID – Pihak AMD baru saja mengumumkan jika Radeon Vega akan hadir di MacBook Pro. Persisnya untuk MacBook Pro 15 inci yang akan hadir di pasar pada akhir November 2018 nanti.

Dijelaskan oleh pihak AMD, Radeon Vega Mobile yang ditanamkan ini diklaim mampu mendukung performa proses rendering 3D, kegiatan penyuntingan foto dan video serta aplikasi kreativitas lainnya termasuk pengalaman gaming game kelas AAA di kualitas grafis ultra 1080p.

"Grafis Radeon Vega Mobile akan meningkatkan standar performa pada notebook, hal ini akan memberikan performa terbaik bagi dua segmentasi: yang pertama performa luar biasa untuk aplikasi kreatif dan juga visual gaming," jelas Scott Herkelman yang merupakan Corporate VP and GM Radeon technologies Group AMD pada Kamis (8/11/2018).

Sementara itu, kartu grafis diskrit AMD Radeon Vega Mobile terbaru ini ditenagai oleh arsitektur AMD Vega yang dibentuk sebagai prosesor setipis kartu dengan memori HBM (High Bandwith Memory) dari Generasi Kedua.

Teknologi dari AMD ini diklaim jadi lebih hemat ruang dibandingkan yang menggunakan prosesor grafis berbasis GDDR5 tradisional sebelumhya. Ada dua jenis kartu grafis diskrit AMD Radeon Vega Mobile yang ditawarkan sebagai opsi di MacBook Pro dan notebook lainnya, yang pertama adalah Radeon Pro Vega 20 dan yang kedua adalah Pro Vega 16. Selanjutnya, generasi dari arsitektur komputasi (nCU) Vega dan rapid Packed Math memberikan kemampuan komputasi yang cepat untuk kegiatan pengolahan grafis.

Pada akhir November 2018 nanti Apple baru akan merilis dua varian MacBook Pro 15 inci yang menggunakan kartu grafis diskrit AMD Radeon Pro Vega 20 dan Pro Vega 2016. Seperti yang diketahui bahwa Apple mengenalkan notebook terbarunya tersebut di akhir Oktober 2018 kemarin.