BREAKINGNEWS.CO.ID – Almay Rayhan Yaqutah merupakan satu dari empat pegolf Timnas Indonesia yang akan tampil di ajang Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September di Jakarta-Palembang. Menjadi juara di kelas amatir pada Turnamen Golf Indonesia Open 2018 bulan Juli lalu, membuatnya percaya raih medali di pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Pegolf berusia 18 tahun itu merupakan salah satu pegolf andalan Indonesia di ajang Asian Games 2018. Pegolf kelahiran 6 Agustus 1998 ini telah mengenal dunia golf sejak tahun 2008 di mana saat itu usianya baru 10 tahun.

Meski masih muda, namun Almay sudah berhasil meraih segudang prestasi. Pada tahun 2015, Almay berhasil menyabet dua medali emas di nomor perorangan serta beregu putra pada kejuaraan ASEAN School Games VII yang berlangsung di Brunei Darussalam.

Selain itu, Almay juga mendapatkan gelar the Low Amateur di Padang Matoa National Golf Course pada tahun 2017 lalu. Bahkan, ia juga menjadi pegolf amatir terbaik di Indonesia Open 2018 yang baru saja berlangsung pada bulan Juli kemarin. Dengan deretan prestasi yang diraihnya ini, Almay pun merasa percaya diri menyambut Asian Games 2018.

Saat ini, juara Indonesia Elite Amateur Championship 2016 tersebut tengah menjalani latihan khusus jelang Asian Games 2018. Bersama dengan pegolf Timnas Indonesia lainnya seperti Naraajie Emerald Ramadhan Putra, Jonathan Wijono dan Kevin Caesario Akbar,  Almay berlatih dalam Pelatnas Golf Asian Games 2018 di Emeralda Golf Club, Depok.

"Asian Games kurang dari sebulan lagi, jadi saat ini persiapan memukul bolanya juga sudah dikurangi. Sekarang itu intensitas lebih ke menyiapkan diri seperti sudah berada dalam Asian Games saja,” ungkap Almay kepada Breakingnews.co.id pada Sabtu (28/7/2018).

“Indonesia Open 2018 kemarin sebenarnya seperti pemanasan. Karena saya inginnya nge-peaknya permomentnya itu pas di Asian Games tanggal 23 Agustus nanti yah. Tim juga menganggap itu sebagai goal. Tapi yah allhamdulilah, berhasil tampil bagus kemarin jadi bisa buat observasi untuk menjelang Asian Games nanti," jelas Almay.

Almay Rayhan (kanan) ketika latihan bersama atlet timnas golf Indonesia (Foto: Dok.Adit/Breakingnews.co.id)

Peraih medali perunggu nomor beregu putra SEA Games 2017 ini mengawali kariernya di dunia golf saat bergabung dengan Lidya Golf Academy, Ahmad Yani Golf, Surabaya. Almay juga baru masuk pelatnas pada tahun 2017 lalu. Baru dua tahun masuk tim nasional ia sudah akan bermain di ajang sebesar Asian Games.

Meskipun begitu, Almay tetap merasa optimis bisa tampil di pesta olahraga terbesar di Asia tersebut. Selain itu menjadi tuan rumah juga menjadi nilai plus bagi Almay demi bisa meraih hasil positif.

"Menyambut Asian Games jelas saya pasti bersemangat sih, tapi campur-campur juga ya grogi, tapi semua orang juga pasti grogi, jadi yah dijalanin aja,” tegas Almay.

Ketika disinggung dengan targetnya pada Asian Games 2018, Almay pun berharap jika ia dan timnya bisa meraih mendali emas. Ia merasa dengan persiapan yang sudah dijalaninya bersama tim, membuatnya percaya jika Indonesia bisa sabet medali emas.

“Target tentunya medali emas yah. Saya dan tim juga merasa pasti ada chance, karena kita juga sudah prepare 100 persen. Selain itu juga kita juga udah tampil bagus kemarin di Indonesia Open 2018, jadi kepercayaan diri juga sudah naik. Mohon doanya yah supaya kita bisa raih yang terbaik nantinya,” pungkasnya.