BREAKINGNEWS.CO.ID - Gitaris grup rock Rush, Alex Lifeson, berbicara panjang lebar soal music rock atau music cadas yang beberapa tahun terakhir seperti tenggelam. Gitaris grup rock asal Kanada  itu mengungkapkan mengapa para remaja saat ini memang tidak mendengarkan musik rock lagi.

Alex Lifeson mengatakan bahwa musik rock bukanlah musik para remaja milenial lagi. Ia bahkan menyebut para remaja saat ini benar-benar tidak terhubung sama sekali. Berikut pernyataannya kepada media musik, Indie Power:

“Generasi berubah, selera berubah, musik berubah. Saya pikir untuk waktu yang lama, musik rock selalu menempati area tertentu, dan musik pop muncul, dan itu semua terkait.

Musik pop saat ini tidak terlalu terkait - bukan berbasis gitar seperti dulu - jadi sangat berbeda. Seperti cucu-cucu saya, misalnya - [mereka] 15 dan 11 - mereka mendengarkan semua hal yang mereka dengarkan; mereka mendengarkan musik rap dan musik pop. Jadi saya bisa mendengar beberapa dari itu.

 

Musik kami bukanlah musik mereka, mereka benar-benar tidak terhubung sama sekali, bahkan dalam arti rock klasik; mereka hanya tidak tertarik. Jadi saya tidak tahu ke mana ia pergi.

Saya hanya tahu bahwa saya masih memiliki banyak kesenangan bermain musik. Saya bekerja dengan banyak orang yang berbeda sekarang - hal yang sangat berbeda. banyak variasi - jadi itulah yang sangat penting bagi saya. ”

Kembali pada bulan September 2018, gitaris Guns N ’Roses Slash berbicara dalam sebuah wawancara dengan USA Today dan mengatakan bahwa rock tidak lagi menjadi music mainstream. Slash berkata:

“Rock bukan arus utama lagi, dan dalam beberapa hal, saya suka itu. Ini mengingatkan kembali ketika rock ‘n’ roll lebih merupakan konsep bawah tanah - ketika orang-orang berbicara tentang hal-hal yang mereka belum tentu nyaman katakan di arena mainstream. Sejauh menyangkut hip-hop, itu menjadi sangat generik pada saat ini. Itu pasti diambil pada hal yang sangat Top-40. ”

Sejauh ini penggemar music rock adalah mereka yang mengalami masa remaja antara tahun 1960-an hingga 1990-an. Mungkin bahkan di awal tahun 2000-an rock masih menjadi favorit. Namun setelah era 2010an, rock seperti menghilang karena tidak menumbuhkan generasi baru pecinta sekaligus penggila music ini. Memang sebagian orang menyebut rock never dies, namun harus diakui saat ini rock sudah sekarat.