BREAKINGNEWS.CO.ID – Indonesia kini hanya tinggal menyisakan tiga petinjunya di babak semifinal Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Hasil ini terjadi usai petinju Indonesia yakni Aldoms Suguro dan Farrand Papendang tersingkir usai dikalahkan lawan-lawannya pada babak perempat final yang berlangsung pada Selasa 28 Agustus, di Kemayoran Jakarta.

Di pertandingan antara Aldoms vs Jasurbek Latipov asal Uzbekistan, Aldoms harus menerima luka pada bagian pelipis kanannya sehingga darah pun mengucur deras. Wasit pun sempat menghentikan pertandingan dan meminta juri memeriksa pelipis Aldoms yang terus mengucurkan darah.

Suasana Hall C JIEXPO Kemayoran yang dipadati para suporter Indonesia lengkap dengan atributnya, sempat hening menunggu hasil pemeriksaan dokter. Namun akhirnya, petinju peraih emas SEA Games 2017 Kuala Lumpur itu menyatakan bisa bertahan dan kembali melanjutkan pertandingan.

Meski mendapatkan luka yang serius, Aldoms justru mampu tampil lebih eksplosif. Dia bermain strategi kurung untuk mengunci pergerakan Latipov pada sisa waktu ronde ketiga. Bahkan, pukulan jab Aldoms sempat membuat Latipov nyaris mencium lantai.

Setelah lonceng berbunyi yang menandakan pertandingan usai, sorak-sorai pendukung Indonesia pun semakin bergemuruh. Pasalnya, mereka yakin kelima juri akan menyatakan Aldoms menang dan berhak melaju ke babak semifinal. Namun, empat dari lima juri ternyata berpandangan lain.

Aldoms pun terlihat begitu kecewa setelah wasit mengangkat tangan Latipov, pertanda petinju muda Uzbekistan itulah yang berhasil memenangkan pertandingan. Aldoms harus menunda target untuk merebut medali emas Asian Games 2018.

Pada pertandingan ini, hanya satu juri yang menyatakan Aldoms menang. Sisa keempat juri menyatakan Aldoms kalah dalam perolehan poin. Usai laga, Aldoms mengaku tidak mengetahui apa keunggulan Latipov yang membuat juri memutuskan hasil pertandingan. "Saya juga tidak tahu. Ya itu namanya permainan," ungkapnya.

Aldoms juga mengatakan dirinya tetap menerima hasil pertandingan tersebut. Dia pun meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia atas kekalahannya pada laga perempat final ini meski telah tampil maksimal di laga itu. "Kalau ditanya kesulitan, mungkin karena lawan kidal juga ya. Tapi sebenarnya saya sudah tampil maksimal tadi," kata Aldoms.

Selain Aldoms, petinju nasional Farrand Papendang juga tersingkir melawan petinju Thailand Rujakran pada nomor terbang (60 kg) putra, pada laga Selasa (28/8/2018). Dengan tersingkirnya Farrand dan Aldoms, Indonesia kini hanya tinggal berharap pada tiga petinju untuk bisa melaju ke semifinal.

Ketiganya adalah Huswatun Hasanah di Nomor Ringan (60 kg) putri, Mario Blasius Kali di Nomor Layang (46-49 kg) putra, dan Sunan Agung Amoragam Nomor Bantam (52-56 kg) putri.

Ketua Umum PB Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Johny Asadoma sebelumnya menargetkan jika pada cabang olahraga tinju bisa menyumbangkan minimal satu medali emas pada Asian Games 2018 ini.