JAKARTA - Penyanyi Anggun C Sasmi telah mengubah kewarganegaraannya dari Indonesia ke Prancis. Meski peristiwa itu sudah terjadi lama, namun kembali mencuat setelah Anggun membuka suara terkait keputusannya. Hal ini diketahui melalui sebuah akun gosip Instagram yang kembali memunculkan kabar itu. Akun tersebut mengunggah sebuah foto dari halaman sebuah majalah yang membahas wawancaranya dengan Anggun.

Dalam unggahan tersebut, terlihat beberapa pertanyaan mengenai perubahan kewarganegaran yang dilakukan Anggun. Penyanyi yang lahir di Jakarta 29 April 1974 itu pun menjelaskan alasan kepindahannya. Anggun menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia tidak dapat menssuport setiap karyanya semenjak dirinya menikah dan menetap di Prancis.

"Aku ganti kewarganegaraan karena tidak dibantu Pemerintah Indonesia. Kesuksesanku tidak dibantu sama sekali orang Indonesia," katanya. Namun sayang meski tak didukung pemerintah Indonesia, Anggun malah dikritik banyak orang lantaran dibilang 'Sukses tapi lupa kulit'.

"Malah banyak orang Indonesia mengkritik aku. Sekarang aku sukses banyak orang bilang. Oh dia seperti kacang lupa kulitnya. Ganti kewarganegaraan. Padahal sama sekali nggak ada hubungannya dengan itu," tambahnya.

Anggun juga menuturkan bahwa dirinya menyesal ketika banyak orang tahu dia pindah kewarganegaraan karena orang-orang hanya bisa mengomentari yang macam-macam pada dirinya. "Aku kadang-kadang suka menyesal memberi informasi ini, karena banyak orang menuding dan bicara yang nggak-nggak," jelasnya.

Jawaban Anggun disambut postif oleh warganet. Beberapa dari mereka setuju dengan pendapat Anggun. "Yang ini nih yang harus diperbaiki di Indonesia. Kurang respect. Orang Indonesia yang berhasil di luar negeri (dan sering disebut kacang lupa kulit) karna saat di Indo gak dapat support. Contohnya ya Anggun ini, saat dia membela Indonesia dan ingin mengharumkan nama bangsa dia malah dipersulit. Banyak lho kasus kaya gini contohnya Eyang Habibie. Jadi sebenarnya kalo udah kayak gini kita mau nyalahin siapa?" tulis akun @syanna.wannabe.