BREAKINGNEWS.CO.ID -  Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia semakin serius mengembangkan konektivitas udara. Sekaligus, mendukung sektor pariwisata Indonesia. Pengembangan itu dilakukan dengan meluncurkan dua rute penerbangan baru menuju Sorong Papua dan Semarang. Porosnya adalah Jakarta. Selain itu AirAsia Indonesia juga akan meningkatkan frekuensi penerbangan dari Jakarta menuju Lombok.

Menurut Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan, rute penerbangan baru Jakarta - Sorong dan Jakarta - Semarang akan beroperasi mulai 1 September 2019.

Sedangkan penerbangan Jakarta - Lombok yang dimulai pada 1 Agustus 2019 akan ditingkatkan frekuensinya dari 11 kali seminggu menjadi 14 kali seminggu. Peningkatan ini akan dimulai pada 1 September 2019. Ketiga rute tersebut akan dilayani oleh AirAsia Indonesia kode penerbangan QZ menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi.

"Ini sesuai janji kami sebelumnya, kami fokus untuk memperluas jaringan rute domestik disamping mengembangkan konektivitas internasional guna mendukung pencapaian target kedatangan wisman ke Tanah Air. Khusus untuk domestik kami fokus mengembangkan poros yang menghubungkan Jakarta dengan kawasan Indonesia bagian timur Indonesia," kata Dendy dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (22/7/2019).

Bukan sekedar pengembangan rute, komitmen Air Asia untuk terus menawarkan penerbangan yang terjangkau dan berkualitas diwujudkan dengan harga yang sangat bersaing. Tiket dari Jakarta ke Sorong sudah bisa dipesan mulai dari Rp 2,7 juta.

Sementara tiket ke Semarang dibuka mulai dari Rp 341 ribu. Sedangkan untuk Jakarta - Lombok tiket dapat diperoleh mulai harga Rp 634 ribu. Tiket penerbangan domestik itu pun sudah termasuk bagasi gratis 15 kg. Dendy berharap layanan terbaru AirAsia ini bisa diterima masyarakat.

"Sehingga kami bisa berkontribusi lebih besar lagi dalam mendorong perekonomian khususnya di kawasan wisata," kata Dendy.

Pengembangan ini jelas akan menguntungkan. Karena Sorong merupakan pintu gerbang menuju Raja Ampat. Sebuah surga kecil di ujung timur Indonesia. Destinasi wisata dengan keindahan alam tiada dua yang hampir selalu ada dalam bucket list para pelancong.

Sedangkan menyusul dikembangkannya hub terbaru AirAsia di Lombok, kini para pelanggan AirAsia di Jakarta dapat terbang langsung ke Lombok. Wisatawan langsung bisa menikmati berbagai destinasi memesona seperti Bukit Merese, Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

Sementara itu, penerbangan langsung dari Jakarta ke Semarang ini akan memberikan pelanggan pilihan untuk berwisata di ibu kota Jawa Tengah. Destinasi multikultural nusantara yang juga terkenal akan wisata kulinernya.

"AirAsia Indonesia saat ini mengoperasikan 292 penerbangan per minggu dari Jakarta ke berbagai destinasi internasional dan domestik, seperti Kuala Lumpur, Penang, Bangkok, Surabaya, Yogyakarta dan Bali," ucap Dendy.

Terobosan yang dilakukan AirAsia Indonesia disambut gembira Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dengan adanya berbagai rute terbaru tersebut membuat wisatawan semakin mudah menjangkau ketiga destinasi utama tersebut. Selain itu menurut Menpar AY, AirAsia Indonesia sangat jeli membaca peluang, karena saat ini ketiga destinasi tersebut selalu menjadi buruan wisatawan.

"Raja Ampat, Semarang dan Lombok saat ini semakin berkembang dan menjadi buruan wisatawan. Secara bisnis tentu ini sangat baik bagi AirAsia Indonesia. Untuk wisatawan juga sangat menguntungkan karena harga yang ditawarkan sangat bersaing," ujar Menpar Arief.