BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia U-19 akan berhadapan dengan Malaysia U-19 dalam partai semifinal Piala AFF U-19 2018. Laga klasik tersebut bakal digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (12/7/2018) pukul 19:00 WIB.

Garuda Nusantara lolos ke empat besar setelah berhasil menyandang predikat runner up Grup A di bawah Thailand dengan poin 12. Sementara itu, Malaysia bersatus sebagai juara Grup A. Pada pertandingan ini, penyerang Egy Maulana telah kembali setelah mengikuti latihan pramusim bersama klubnya di Lechia Gdansk, Liga Polandia. Pemain 18 tahun itu sebelumnya sudah melewatkan empat pertandingan penyisah grup.

Egy menyatakan secara lahir batin sudah siap bermain. Ia pun menilai setiap pertandingan yang dijalani Timnas Indonesia U-19 begitu berarti, terlebih pertandingan semifinal melawan Malaysia yang notabene-nya menjadi musuh bebuyutan Indonesia.“Saya selalu siap untuk dimainkan. Namanya sudah membela negara ya harus siap. Besok adalah partai yang menentukan bagi kami. Partai final di semifinal,” ungkap Egy.

Egy pun mengungkapkan bahwa laga melawan Malaysia kali ini, skuat Garuda Nusantara akan diberikan semangat berlipat. "Semangat berlipat pasti, karena kita main di kandang," tegas pemain jebolan SKO Ragunan itu.

Di sisi lain, Indonesia punya catatan yang kurang mengesankan saat bersua Malaysia di ajang ini. Tiga kali mereka berjumpa, tiga kali pula hasil imbang diakhiri oleh keduanya.

Pertemuan terakhir kedua tim justru terjadi dalam kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Saat itu, Malaysia berhasil membantai Indonesia dengan skor 4-1. Meski demikian, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri tak mau memikirkan hal itu. "Saya tidak memikirkan masa lalu, saya mikir masa depan. Timnas U-19 siap lahir batin untuk pertandingan," kata Indra Sjafri.

Sementara itu, Malaysia menyatakan tak gentar menghadapi Indonesia. Kendati minim persiapan, pelatih kepala Malaysia Bojan Hodak, meyakini timnya mampu meraih hasil terbaik di pertandingan ini.

Keyakinan itu muncul karena perkembangan anak asuhnya dari awal laga di turnamen ini hingga lolos ke semifinal cukup bagus. "Saya melihat ada progress yang bagus. Para pemain semakin kompak. Kerjasama tim juga mengalami perkembangan yang bagus," tutur Bojan.

Menghadapi Indonesia, pelatih asal Kroasia itu menolak untuk bicara tentang kemenangan Malaysia 4-1 atas Indonesia di Pertemuan terakhir timnya dengan Indonesia. Menurutnya, masa lalu tidak bisa dijadikan patokan untuk duel kali ini. "Semua tim sudah berkembang dan menjadi lebih baik. Jadi sudah tidak relevan," tuturnya.

Bojan memilih fokus pada timnya serta taktik yang harus dijalankan anak didiknya sendiri saat bentrok lawan Indonesia. "Kami sudah saling tahu kekuatan masing-masing tim. Jadi saya fokus bagaimana tim ini bisa menerapkan apa yang sudah saya berikan," sebutnya.

Perkiraan Susunan Pemain:

Indonesia U-19 (4-3-3): M. Riyandi (kiper); Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Kadek Raditya, Firza Andika (belakang); Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Ferre (tengah); Witan Sulaiman, Rafli Mursalim, Saddil Ramdani (depan).

Pelatih: Indra Sjafri

Malaysia U-19 (4-4-2): Shafiq Afifi (kiper); Shivan Asokan, Muhammad Anwar, Nabil Hakkim, Muhammad Syaiful (belakang); Muhammad Nurfais, Thivandaran Karnan, Ammar A., Nik A. Syahiran (tengah); Muhammad Ahkyar, Muhammad Hadi Fayyadh (depan).

Pelatih: Bojan Hodak