BREAKINGNEWS.CO.ID- Anggota Ombudsmen, Adrianus Meliala menilai konsepsi penyematan pahlawan saat ini mulai berubah. Hal tersebut diutarakan Adrianus sebagai refleksi dalam memperingati hari pahlawan pada Sabtu (10/11/2018) hari ini. 
 
"Ya memang seperti juga disinyalir oleh banyak orang, memang konsepsi pahlawan itu sekarang itu mulai berubah ya. Bayangan mengenai pahlawan berada di medan perang itu sudah makin lama makin tergerus," ujar Adrianus di Kampus Atmajaya Jakarta, Sabtu (10/11). 
 
Menurut Adrianus, berbicara mengenai pahlawan yang baru mulai dari sisi format. Dalam hal ini kata Adrianus adanya revitalisasi terhadap pemberian gelar pahlawan. 
 
"Dalam rangka mereka yang jadi pionir dalam rangka membuka hutan, membuka listrik bagi orang yang terbelakang. Sekarang sudah jadi pahlawan model baru. Dan itu nampak yang ditunggu oleh anak muda. Revitalisasi," katanya. 
 
Andrianus pun mengusulkan kepada pemerintah supaya memberi ruang terhadap para pahlawan model baru tersebut. 
 
"Saya pikir negara juga perlu memberi ruang terhadap pahlawan pahlawan model baru itu. Jangan hanya berasumsi bahwa mereka yang berada di medan peranglah yang menjadi pahlawan. Perlu juga orang yang membuat hidup sejahtera di masa damai, itu juga pahlawan," katanya. 
 
"Kalau kita lihat dari mereka yang diberi gelar pahlawan itu kan belum berubah dari anggapan-anggapan itu kan. Hari ini harus mulai ada semacam pemakanaan baru itu. Saya usulkan bahwa nanti ke depan ada lagi orang-orang yang diberi gelar pahlawan oleh pemerintah, mengcover juga mereka-mereka yang membuat masyarakat lebih baik sebagai pahlawan nasional," pungkasnya.