BREAKINGNEWS.CO.ID - Jelang pelaksanaan Asian Games 2018, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan perbaikan terhadap Kali Item atau Kali Sentiong lantaran terkenal dengan aroma tak  sedap akibat banyaknya yang kerap membuang limbah dan sampah ke kali tersebut.

Salah satu upaya pencegahan dari penguapan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melarang segala unit usaha untuk membuang limbah saat menjelang dan pelaksanaan Asian Games. Di mana pada kawasan Kemayoran terdapat banyak unit usaha pembuatan tahu dan tempe yang dianggap limbahnya membuat kali menjadi bau.

“Sudah di data oleh walikota Jakarta Pusat dan Jakarta Utara dan sudah dikirim juga dari Dinas UMKM. Mereka diminta untuk distop berproduksi dan dicarikan solusi lain supaya tidak melimpahkan atau membuang limbahnya ke Kali Sentiong,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Khusus penataan unit usaha yang ada di dekat Kali Item sendiri, Sandiaga menyebut ada sebanyak 100 unit usaha dan seluruhnya sudah tidak beroperasi karena menyambut Asian Games. Penghentian sementara itu dianggap sangat membantu mengurangi penguapan kali, jika tidak dihentikan bisa menjadi satu ancaman serius bahwa penguapan dipastikan menggangu aktivitas.

“Ada sekitar 100 unit usaha. Jadi sepanjang situ kalau waktu dulu saya sosialksasi, turun ke bawah, suka melihat kalau airnya dibuang begitu saja. Kalau misalnya dia tetap produksi, limbahnya harus ditangani,” ungkap Sandiaga.

Ia tidak bisa memastikan apakah penghentian sementara usaha tersebut yang membuang limbah ke Kali Item bakal diberlakukan setelah Asian Games, jika benar adanya maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengkoordinasikan dengan PD PAL Jaya. “Saya maunya seterusnya. Tapi coba dicari solusi lainnya,” pungkasnya.

Untuk menghambat penguapan dari Kali Item, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merogoh uang hingga setengah miliar rupiah yang diambil dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2018, secara swakelola dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta.

Anggaran Kali Item total Pagu anggaran Rp580 juta terbagi tiga segmen, segmen satu panjang 240 meter pagu anggaran Rp192 juta, segmen dua panjang 240 meter pagu anggaran Rp192, segmen tiga panjang 246 meter pagu anggaran Rp196 juta.