BREAKINGNEWS.CO.ID – Bencana alam gempa bumi disertai tsunami yang melanda wilayah Palu, Donggala, serta Sigi, Sulawesi tengah pada 28 September 2018 lalu menyisakan duka yang mendalam tidak hanya di Tanah Air, tetapi juga khalayak dunia.

Menyusul beberapa figur dunia yang sudah menyampaikan keprihatinannya sejak beberapa hari terakhir, Pemimpin Eksekutif Afghanistan, Abdullah Abdullah, turut mengutarakan belasungkawa atas bencana tersebut. "Saya, atas nama rakyat Afghanistan, menyampaikan duka serta keprihatinan yang mendalam kepada seluruh warga Indonesia atas bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi. Kami ikut sedih atas apa bencana tragis yang terjadi," kata Abdullah pada Jumat (5/10/2018).

Pria yang menduduki jabatan sepantar perdana menteri itu juga mengatakan, dirinya telah menyampaikan langsung pesan keprihatinan tersebut kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) serta Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) dalam pertemuan di Jakarta, 4 Oktober 2018 lalu. "Walaupun Afghanistan jauh dari Indonesia, akan tetapi dengan teknologi saat ini, orang-orang di negara kami bisa melihat kerusakan yang terjadi di Indonesia akibat gempa dan tsunami." Menambahkan, Abdullah menuturkan, "Doa rakyat Afghanistan selalu menyertai. Kami mendoakan agar yang terluka dan kehilangan dapat segera sembuh dan tabaah. Kami mendoakan agar rehabilitasi dapat dilaksanakan dengan cepat."

Bertemu Jokowi dan JK

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kehormatan Kepala Eksekutif Pemerintahan Afghanistan, Abdullah Abdullah di Istana Merdeka, Jakarta, pada 4 Oktober 2018 lalu . Jokowi didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kedatangan Abdullah ini, yang menduduki jabatan setara perdana menteri, merupakan bentuk kunjungan balasan setelah Jokowi melawat ke Kabul, Afghanistan, pada Januari 2018 lalu. "Yang Mulia, selamat datang di Indonesia dan senang sekali dapat bertemu kembali dengan Yang Mulia Abdullah Abdullah setelah kunjungan saya ke Kabul," kata Jokowi saat memberikan sambutan singkat.

Menanggapi sambutan Jokowi, Abdullah mengucapkan terima kasih. Dia lantas menyampaikan ucapan belasungkawa atas musibah yang menimpa Palu, Donggala, Sigi serta area terdampak lainnya di Provinsi Sulawesi Tengah. "Sekali lagi saya menyampaikan duka cita saya dan simpati kepada Anda dan kepada masyarakat Indonesia atas kerugian dan musibah yang menimpa di Palu," ujarnya.

"Presiden Ghani juga menyampaikan salam dan pesan duka cita serta apresiasi atas dukungan Anda untuk Afghanistan," sambung Abdullah. Menurut Abdullah, kunjungannya ke Indonesia kali ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama kedua negara. Dia berharap, pertemuan ini bisa menindaklanjuti rencana kerja sama Indonesia dengan Afghanistan. "Saya bahagia ada di sini untuk menindaklanjuti dan diskusi mengenai apa yang dapat dilakukan," kata dia.