BREAKINGNEWS.CO.ID - Berbicara mengenai Singapura memang selalu tidak ada habisnya. Negara yang satu ini memiliki daya tarik dan menjadi negara populer untuk dikunjungi. Singapura memang merupakan negara kecil yang terletak di Asia Tenggara. Meskipun begitu, negara singa ini memiliki perkembangan yang sangat pesat dan berubah menjadi negara yang maju dan modern. Tidak heran, banyak turis yang menajdikan Singapura sebagai destinasi wisata. Kemajuan yang dimiliki negara ini tidak terlepas dari pemerintahan kolonial Inggris.

Berada di bawah pemerintahan kolonial Inggris, membuat Singapura memiliki bangunan-bangunan yang bergaya Eropa klasik yang megah dan menawan. Hal inilah yang menjadi warisan Singapura yang berubah mejadi daya tarik bagi para wisatawan. Dalam artikel ini berisikan lima bangunan di Singapura yang bergaya Eropa. Segera siapkan barang bawaan Anda dan memesan tiket pesawat promo sebagai moda transportaasi Anda dalam menyambangi negara singa ini dan melihat kemegahan bangunan-bangunan bergaya Eropa dengan sentuhan tangan arsitek Inggris.

Katedral St. Andrew

Bangunan di Singapura yang mendapat sentuhan arsitek Inggris lainnya adalah Katedral St. Andrew. Arsitektur katedral ini menyeruapi katedral Salisbury yang sangat populer di Inggris dengan gaya Neo-Gothic. Uniknya, di dalam katedral ini terdapat tiga jendela berwarna. Hal ini bertujuan untuk mengenang tiga tokoh penting yang berjasa atas sejarah kolonial di Singapura. Ketiganya adalah John Crawfurd, Mayjend William J. Butterworth, dan Sir Stamford Raffles. Bisa dibilang katedral ini terbuka untuk siapa saja, terbukti dengan adanya layanan ibadah dalam berbagai bahasa, seperi bahasa Inggris, Indoensia, Mandarin, Kanton, Hokkien, Tagalog dan Birma.

Masjid Sultan

Jika Anda sedang berlibur di negara singa ini, berkunjungla ke Kampong Galm. Di sini Anda akan terkesima melihat aristektur bangunan yang sangat megah dan memukau. Bisa jadi bangunan Masjid Sultan yang ada di Kampong Galm ini, menjadi Masjid dengan kubah kuning keemasan terindah yang ada di Singapura. Masjid ini sendiri didirikan oleh Sultan Hussein Shah pada tahun 1824. Jika Anda sudah terpukau dengan eksterior dari bangunan masjid ini, bersiaplah untuk terpukau kedua kalinya sesaat memasuki bangunan ini. Pasalnya, desain interior Masjid Sultan ini sangat elegan dengan sentuhan gaya klasik yang tidak lekang oleh jaman.

Victoria Theatre and Concert Hall

Victoria Theatre and Concert Hall merupakan pusat pertunjukan seni tertua di Singapura. Bentuk bangnannya terbilang cukup unik, terdiri dari dua gedung dengan fungsi yang berbeda, tetapi digabungkan oleh menara jam raksasa di tengah dua gedung tersebut. Arsitektur bangunannya bergaya Eropa klasik, sehingga jika Anda berkunjung ke sini Anda serasa bak sedang berlibur di Eropa. Pasalnya, gedung ini dirancang oleh John Bennet, seorang arsitek kebangsaan Inggris.

The Old Hill Street Police Station

Kantor polisi pertama dan terbesar di Singapura bisa Anda lihat di 140 Hill Street, Singapura. Dengan sentuhan arsitek Inggris F. Dorrington Ward, bangunan ini memiliki gaya Neo-klasik yang sangat elegan. Bangunan megah ini sangatlah cantik dan menarik perhatian. Pasalnya, gedung yang memiliki enam lantai ini memiliki jendela yang berwarna-warni sangat memanjakan indera penglihatan.  Kini bekas kantor polisi tersebut telah berubah nama menjadi MICA (Ministry of Information, Communications, and the Arts) dan memiliki fungsi sebagai tempat pameran seni dan budaya Singapura.

Central Defence Heritage Gallery

Central Defence Heritage Gallery ini sendiri merupakan museum untuk peralatan pemadam kebakaran.Terdapat juga pameran tentang perkembangan jenis mobil pemadam kebakaran dengan ukuran yang sangat besar. Museum ini juga menyajikan selang dan tabung pemadam, beragam helm keamanan dengan bentuk-bentuk yang unik dan simulasi dalam keadaan darurat. Yang menjadi daya tarik dari mueum ini adalah sejarah bangunannya yang sudah berdiri dari tahun 1800an. Meskipun masih terlihat cantik dan baru, gedung ini sudah berumur 104 tahun.