Jakarta - Sebanyak 47 kader muda lintas Partai Politik mendeklarasikan kaukus politisi muda bersama dengan Yayasan Satunama, Kamis (7/12/2017) di Hotel Millenium Jakarta. Partai tersebut yaitu Partai Gerindra, Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Partai NasDem, dan PPP di tujuh provinsi. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, antara lain Kalimantan Barat, Lampung, Jawa Barat, DI. Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

Kepala Sekolah Politisi Muda Yayasan Satunama, Insan Kamil menyampaikan pembentukan kaukus tersebut untuk mendorong Kaum muda yang tidak muncul sebagai kekuatan progresif tersendiri akan tetapi mereka menjadi bagian dari kekuatan-kekuatan lama yang memiliki kontrol atas sumberdaya politik.

"Lambat laun namun pasti kaum muda yang memilih jalur politik formal ikut dalam irama permainan yang diciptakan kekuatan-kekuatan lama yang berhasil come back ke panggung politik nasional melalui proses demokratisasi," kata Insan.

Padahal, menurut dia, kaum muda diharapkan dapat memberikan kebaruan politik di Indonesia. Politik yang dijalankan dengan idealisme untuk mencapai kebajikan publik dan keadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat warga melalui kekuasaan negara yang dicapai dengan cara-cara yang bermartabat.

"Karenanya dibutuhkan langkah-langkah politis agar keberadaan dan kiprah kaum muda (politisi muda) semakin memiliki daya dorong untuk mengembangkan kultur politik yang lebih demokratis. Politisi muda perlu secara bersama-sama mengkonsolidasikan diri sebagai kekuatan politik demokratik baru di Indonesia dalam Kaukus Politisi Muda lintas partai politik," jelasnya.