JAKARTA - Pameran sebanyak 46 karya patung modern dan kontemporer dipamerkan dalam pameran tiga tahunan bertajuk "Skala" di Galeri Nasional Indonesia pada 7-26 September 2017.

Poster Trienal Seni Patung Indonesia

 

Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus Andre Sukmana mengatakan, pihaknya berharap pameran ini ke depannya pameran seni patung ini dapat digelar di ruang publik. Sehingga, seluruh masyarakat dapat menikmati karya-karya tersebut. "Hal ini masih diwacanakan semoga ke depannya terealisasi," ujarnya.

Masa jeda selama tiga tahun, menurut Tubagus, dimanfaatkan kurator Rizki A. Zaelani dan Asikin Hasan untuk memotret dan merekam fenomena yang tejadi dengan segala perkembangan yang muncul, tetapi tetap terkait dengan dua pameran sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rizki menuturkan pada pameran pertama, tema yang diangkat adalah "Ekspansi" mengenai ledakan orang membuat karya tiga dimensi.

"Saat itu semua pembuat diundang, ada 120, pelukis juga tidak terbatas pematung. Tradisi seni patung berkembang dikerjakan oleh siapa saja," ujar dia.