BREAKINGNEWS.CO.ID-Suasana di Kepulauan Anambas Sabtu (15/9/2018) pagi itu terasa berbeda. Sebanyak 1.500 orang mulai berdatangan untuk memeriahkan acara Sepeda Nusantara (SN) 2018 bertemakan Bangun Indonesia, yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dibawah payung Ayo Olahraga.

Waktu masih menunjukkan pukul 07.00 WIB dan matahari mulai memandarkan sinarnya. Tapi semangat para pegowes untuk mengampayekan hidup sehat dan mengurangi polusi terpancar dari wajah para pengayuh sepeda.

Sepeda Nusantara tak hanya mengampanyekan hidup sehat, namun event ini digelar sebagai bentuk dukungan, khususnya kepada para atlet yang akan bertanding pada ajang Asian Para Games 2018 yang berlangsung di Jakarta 6-13 Oktober 2018 mendatang.

Peserta Sepeda Nusantara di Kota Terempa, Kabupaten Anambas, Kepri, beragam. Mulai dari anak-anak, pelajar, hingga para pejabat ikut memeriahkan acara tersebut. Bersama angin yang saling bergesekan, mereka dengan santai mengowes berbagai jenis sepeda. Bahkan beberapa peserta terlihat memakai sepeda berkeranjang depan yang kerap digunakan untuk pergi berbelanja.

Pada acara ini, Kepala Bagian Perencanaan SDM Aparatur dan Arsip Kemenpora, Rita Suprianto dan Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris didapuk untuk membuka acara. Sebelum melepas peserta, para pegowes lebih dulu melakukan upacara Hari Olahraga Nasional (Haornas) dan senam.

haris dalam sambutannya mengatakan sangat bangga melihat antusias masyarakat. Dikatakannya, kegiatan ini bisa memupuk tali silahturahmi masyarakat di Kabupaten Anambas.

"Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada Kemenpora yang menggaungkan olahraga di Kepulauan Anambas. Kesannya sangat baik sekali dan antusias masyarakat juga luar biasa. Kita melibatkan semua elemen, pemerintah daerah, intansi, dan lintas semua komponen Anambas semuanya turun ke jalan-jalan untuk Sepeda Nusantara dengan senang dan sangat gembira sekali dan juga mengucurkan keringat," kata Haris.

"Meski kegiatan ini setahun sekali, tapi ini sudah mengunggah rasa dan minat masyarakat untuk berolahraga, terutama berolahraga dengan sepeda. Harapan kami ke depan agar kegiatan ini bisa berkelanjutan karena event seperti ini bisa memupuk silaturahmi masyarakat Kabupaten Anambas. Kesan terhadap kegiatan ini sangat luar biasa.

Haris menekankan dengan adanya kegiatan ini dia berharap ada atlet sepeda yang lahir dari Kepulauan Anambas. Karena, tambahnya, Kepulauan Anambas sangat berpotensi sekali untuk menelurkan atlet bersepeda.

"Saya kira Kepulauan Anambas sangat berpotensi sekali untuk melahirkan atlet bersepeda karena kita punya medan atau geografis yang sangat menantang untuk atlet sepeda. Oleh karena itu kami pemerintah daerah memiliki keinginan kepada pemerintah pusat memberikan perhatian khusus bagaimana melahirkan atlet bersepeda dari kabupaten anambas. Mungkin dengan cara menyelenggarakan kegiatan tertentu di Anambas," ungkapnya.

Disisi lain, perwakilan Kemenpora, Rita mengaku terkesan dengan antusias masyarakat di Kepulauan Anambas. Ditekankannya bahwa kegiatan ini sangat positif.

"Dari segi kesehatan dengan berolahraga kita akan berada dalam kondisi bugar. Di sisi lain, ini juga bisa membuka wisata baru yang dapat menjadi destinasi wisata untuk menarik perhatian wisatawan mancanegara

Usai bersepeda, masyarakat dihibur dengan pertunjukan permainan tradisional gasing. Para peserta juga berpeluang membawa hadiah utama sepeda.