JAKARTA - Mulai hari ini, rekonsiliasi mantan narapidana terorisme dipertemukan dengan para korban teror. Adapun kedua belah pihak akan dipertemukan dalam acara dengan tema Silaturahim Kebangsaan yang digelar di Hotel Borobudur pada Rabu (28/2/2018) pagi tadi. Acara tersebut dihadiri sebanyak 103 eks narapidana terorisme.

Para mantan napi terorisme tersebut akan bertemu dan meminta maaf secara langsung kepada korban maupun keluarga korban atas aksi teror. Acara tersebut digagas oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang diharapkan mampu mencegah aksi teror terulang dan memberikan pembelajaran bagi masyarakat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan jika pihaknya berharap dengan apa yang dialkukan dapat mencegah aksi teror terulang dan memberikan pembelajaran bagi masyarakat. Ia pun optimis upaya deradikalisasi yang dilakukan BNPT tersebut dapat menciptakan keamanan di Indonesia. "Kami beri contoh, kalau narapidana terorisme saja bisa sadar dan minta maaf, bahkan para korban pun memaafkan, masa masyarakat lain tak bisa?," katanya, Selasa (27/2/2018).

Untuk itu, pemerintah pun optimis upaya deradikalisasi yang dilakukan oleh BNPT tersebut dapat semakin menciptakan keamanan di Indonesia. Rencananya, Wiranto akan datang langsung ke acara tersebut sebagai perwakilan dari pemerintah.