BREAKINGNEWS.CO.ID- Umat muslim seluruh dunia memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah pada 11 September 2018. Ketua DPR, Bambang Soesatyo mengucapkan selamat Tahun Baru Islam tersebut. 
 
Bambang berharap di tahun 1439 Hijriyah tersebut merupakan bagian introspeksi dalam menghadapi tantangan-tantangan. "Diharapkan di tahun 1440 Hijriyah kondisi Indonesia lebih baik dari sebelumnya," ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta, Selasa (11/9/2018). 
 
Amalan Sunnah

Diketahui, ada beberapa amalan sunnah di momen tahun baru Islam, 1 Muharram 1440 H  yang bisa dikerjakan umat muslim. Di momen tahun baru Islam, 1 Muharram 1440 H selain doa, amalan sunnah lain bisa dikerjakan adalah puasa.

Keistimewaan tanggal 1 Muharram adalah berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah. Rasulullah SAW menyebut bulan Muharram menjadi bulan yang istimewa untuk memperbanyak amalan ibadah. Salah satunya adalah puasa sunnah.

“Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim 1163).

Hadis ini merupakan dalil dianjurkannya memperbanyak puasa selama Muharam. ”Hadis ini menegaskan bahwa Muharam adalah bulan yang paling utama untuk puasa.” (Syarh Shahih Muslim, 8/55).

Pada tanggal 9 Muharram, umat Muslim dapat menunaikan puasa sunnah Tasu'a. Puasa ini dilakukan sehari sebelum puasa Asyura, yakni pada 9 Muharram. Hukumnya pun juga sunah. Puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Muharram adalah Puasa Asyura. Puasa Asyura sendiri dapat dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram. Keistimewaan puasa Asyura adalah mampu menghapuskan dosa setahun yang telah lalu.