MEDAN - Sebanyak 1.029 personel gabungan disiapkan untuk mengamankan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo selama dua hari ke Sumatera Utara pada 14-15 Oktober 2017 ini. Personel gabungan yang terdiri dari 300 Polri, 669 TNI AD, serta 60 TNI AU mengikuti apel pasukan pengamanan RI-1 di Lapangan Benteng Medan, Kamis (12/10/2017).

Kapolda Sumatera Utara bersama Pangdam I/BB mengecek satu persatu kesiapan dari personil sejumlah perlengkapan baik kendaraan maupun senjata.

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw meminta seluruh personel mematuhi semua aturan dalam menjalankan tupoksinya masing-masing. Dia meminta semua personel melaksanakan tugas dengan tanggung jawab serta komitmen tinggi hingga kegiatan berakhir.

"Kita ada untuk masyarakat. Jangan lengah serta tetap waspada terhadap apapun yang mungkin akan terjadi di lapangan," tutur Paulus, Kamis petang.

Dia meminta seluruh perwira mengenali personelnya masing-masing, berkoordinasi dengan Dandim serta Kapolres jajaran guna mengisi kekurangan personel. " Kita doakan bersama agar kegiatan berjalan dengan lancar, " kata Paulus.

Sementara Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri mengingatkan, soliditas TNI-Polri merupakan kunci menjaga stabilitas keamanan. "Ini panggilan tugas kita sebagai prajurit TNI serta Polri, sesuai yang diamanatkan kepada kita. Terima kasih atas kekompakan serta kebersamaan yang sudah terjalin selama ini di Sumut. TNI-Polri solid," tegas Cucu.

Seperti diberitakan, Presiden Joko Widodo akan mengunjungi Sumatera Utara khususnya Kota Medan pada 14 dan 15 Oktober 2017. Agendanya adalah meninjau korban erupsi Gunung Sinabung di Desa Siosar, Kabupaten Karo, meresmikan proyek nasional yakni dua jalan tol, serta membagikan sertifikat tanah kepada warga Kabupaten Deliserdang.

Pada Sabtu (14/10/2017) malam, Presiden serta Ibu Negara akan berada di Komplek Taman Setiabudi Medan yang merupakan kediaman calon besannya, untuk meninjau persiapan pesta pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution. Pada Minggu (15/10/2017) sore, Presiden serta rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta.