PWI DKI Jaya Diminta Tingkatkan Sistem Pendidikan dan Latihan Wartawan

BREAKINGNEWS.CO.ID--Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari dalam sambutannya berharap PWI DKI Jakarta (PWI DKI Jaya) lebih meningkatkan sistem pendidikan dan pelatihan wartawan, diantaranya dapat melalui kerja sama dengan perguruan tinggi.Hal tersebut disampaikan Atal ketika membuka Rapat Kerja (Raker) PWI DKI Jakarta, di hotel Graha Dinar, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat…

PWI DKI Jaya Diminta Tingkatkan Sistem Pendidikan dan Latihan Wartawan

BREAKINGNEWS.CO.ID--Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari dalam sambutannya berharap PWI DKI Jakarta (PWI DKI Jaya) lebih meningkatkan sistem pendidikan dan pelatihan wartawan, diantaranya dapat melalui kerja sama dengan perguruan tinggi.
Hal tersebut disampaikan Atal ketika membuka Rapat Kerja (Raker) PWI DKI Jakarta, di hotel Graha Dinar, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/7/2019).

Program pendidikan dan pelatihan ini, sambung Atal, sudah dilakukan oleh media- media lain seperti Kompas yang secara rutin menugaskan wartawan meliput berbagai bidang.

Karenanya Atal berharap tugas PWI menjadikan wartawan yang kompeten dan semakin profesional.

Pada kesempatan itu, Atal menyampaikan pesan, agar program kerja yang diputuskan dalam Raker tidak melenceng dari Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT).
"Selamat melaksanakan Raker semoga berhasil menyusun program yang unggul sehingga PWI DKI Jakarta lebih maju dan berkembang," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua PWI DKI Jakarta, Sayid Iskandarsyah mengungkapkan, Raker baru saat ini dapat dilaksanakan. "Komisi-komisi sudah menyelesaikan tugas, namun karena waktu dan keterbatasan Raker baru bisa dilaksanakan sekarang," ujarnya.
Sayid berharap, masing-masing komisi dapat menghasilkan output yang luar biasa untuk kemajuan PWI sebagai barometer organisasi kewartawanan.
Lebih lanjut Sayid mengatakan, salah satu program yang perlu menjadi prioritas adalah pembentukan Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) sebagai motor pendidikan wartawan sehingga berkembang dan semakin profesional.
"Semoga Raker dapat menghasilkan yang terbaik," pungkasnya.

Sementara Ketua Panitia Raker, Naek Pangaribuan dalam laporannya menjelaskan tema dari Raker PWI Jaya adalah "Mengembalikan PWI Jaya sebagai Barometer Organisasi Kewartawanan Nasional ".

Kegiatan sendiri berlangsung selama dua hari, 12-13 Juli 2019 yang berlangsung di hotel Graha Dinar, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat`

"Diharapakan kegiatan ini dapat memacu kinerja organisasi, menyamakan persepsi, membuat program kerja jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.
Naek juga berterima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga terselenggaranya Raker PWI Jaya 2019.

Rapat Komisi

Sementara itu sesi rapat komisi terdiri dari Komisi A Bidang Organisasi, Komisi B Program Kerja, dan Komisi C Keuangan.
Adapun tugas masing-masing komisi sesuai arahan yang pernah disampaikan Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah sebagai berikut:

Komisi A bidang Organisasi bertugas menetapkan target pengembangan anggota PWI Jaya mengembangkan organisasi dengan mengaktifkan PWI koordinatoriat di tiap wilayah administrasi DKI Jakarta.; berupaya menambah jumlah anggota PWI DKI dengan cara penerimaan calon anggota bekerja sama dengan bidang pendidikan melalui orientasi penerbangan calon anggota; meningkatkan kualitas dan profesional wartawan DKI bekerja sama dengan bidang organisasi melakukan UKW dan pelatihan pelatihan dan lain-lain;

Komisi B Program kerja bertugas menyusun program kerja PWI Jaya untuk lima tahun ke depan yakni bekerja sama dgn stakeholder dan mitra PWI dlm mengimplementasikan hasil raker dan lain-lain.

Komisi C keuangan atau aset organisasi PWI Jaya, menginventaris asset asset organisasi, memetakan potensi pendapatan organisasi, seperti: iuran anggota, kegiatan organisasi seperti. Seminar, literasi media, mendirikan koperasi, kerja sama antar lembaga dan potensi yang menghasilkan keuangan organisasi dan lain-lain

Usai Rapat Komisi dilanjutkan sesi materi Surat Keterangan Pendampingan Ijasah (SKPI) yang dibawakan Kamsul Hasan dari PWI Pusat sebagai pembekalan untuk tim menyusun modul atau silabus dari SKPI yang akan diterapkan dalam waktu dekat dengan Universitas Bakrie.
SKPI sendiri adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh institusi perguruan tinggi, berisi pencapaian akademi serta capaian pembelajaran dan kualifikasi mahasiswa atau mahasiswi ketika menjalani perkuliahan.

Dalam kaitannya dengan PWI, penerapan SKPI dikhususkan kepada mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komunikasi atau Jurnalistik. Landasan hukum SKPI adalah Permendikbud No. 81 Tahun 2014 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi dan Sertifikat Pendidikan Tinggi.

Jumat malam, ada Agenda Deklarasi Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Jaya.

Pada Sabtu (13/7), usai senam pagi bersama, digelar rapat pleno dan tupoksi Dewan Kehormatan Pengurus (DKP) PWI DKI Jakarta.