PT KAI Batalkan Perjalanan Kereta Jakarta dan Bandung

BREAKINGNEWS.CO.ID - Mendukung program pemerintah yang melarang adanya mudik. PT KAI selaku operator kereta api telah membatalkan seluruh perjalanan dari dan menuju Jakarta dan Bandung. Pembatalan sendiri nantinya akan dimulai pada Jumat, 24 April 2020 mendatang. Cara ini demi memutuskan penyebaran Covid 19. “Pembatalan seluruh perjalanan KA Jarak Jauh ini kami lakukan guna menindaklanjuti keputusan…

PT KAI Batalkan Perjalanan Kereta Jakarta dan Bandung

BREAKINGNEWS.CO.ID - Mendukung program pemerintah yang melarang adanya mudik. PT KAI selaku operator kereta api telah membatalkan seluruh perjalanan dari dan menuju Jakarta dan Bandung.

Pembatalan sendiri nantinya akan dimulai pada Jumat, 24 April 2020 mendatang. Cara ini demi memutuskan penyebaran Covid 19. “Pembatalan seluruh perjalanan KA Jarak Jauh ini kami lakukan guna menindaklanjuti keputusan pemerintah atas larangan Mudik Lebaran 2020 untuk masyarakat,” ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus, Rabu (22/4/2020).

Sebelum menghentikan perjalanan kereta, Joni melanjutkan pihaknya telah lebih dahulu membatalkan 14 perjalanan KA Jarak Jauh dari dan menuju Bandung untuk perjalanan 23-24 April 2020 mendatang. “Dengan demikian mulai 24 April 2020, KAI tidak lagi mengoperasikan kereta api jarak jauh dari Jakarta dan Bandungmenuju kota-kota di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur,” jelasnya.

Joni melanjutkan hingga kini, PT KAI telah membatalkan 401 perjalanan, terdiri dari 213 KA Jarak Jauh dan 188 KA Lokal.

Sementara kepada penumpang yang KA-nya batal berangkat. PT KAI memastikan tiket akan dikembalikan dengan bea tiketnya 100%.

Mereka yang membatalkan akan dihubungi melalui Contact Center 121 dan dipersilakan untuk mengikuti petunjuk selanjutnya. Jika belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun.

Selain itu, pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.

“Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai,” ujarnya.

Selain itu, penumpang dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email [email protected], atau media [email protected] untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait perjalanannya.

Joni menambahkan, kebijakan pembatalan perjalanan KA ini akan terus dievaluasi dari waktu ke waktu dengan mempertimbangkan perkembangan situasi di lapangan. “KAI memohon maaf bagi para penumpang yang perjalanannya tertunda akibat pembatalan perjalanan ini. Hal ini bertujuan untuk menghentikan penyebaran Covid-19 pada saat mudik Lebaran 2020,” ujar Joni.