Pria Boyolali Buat Replika Mobil dari Kayu Jati, Ekspor hingga ke Eropa dan Amerika

BREAKINGNEWS : Seorang pengrajin kayu di Kabupaten Boyolali membuat sebuah terobosan dalam menjalankan usahanya. Mengincar pasar khusus, dengan keterampilannya dia membuat replika mobil mewah. Tak main-main, ukuran skala replika mobil yang ia buat hampir sama dengan ukuran mobil asli.

Pria Boyolali Buat Replika Mobil dari Kayu Jati, Ekspor hingga ke Eropa dan Amerika
Pria Boyolali Buat Replika Mobil dari Kayu Jati, Ekspor hingga ke Eropa dan Amerika Pria Boyolali buat replika mobil mewah dari kayu jati. ©YouTube/Liputan6

Merdeka.com - Seorang pengrajin kayu di Kabupaten Boyolali membuat sebuah terobosan dalam menjalankan usahanya. Mengincar pasar khusus, dengan keterampilannya dia membuat replika mobil mewah.

Tak main-main, ukuran skala replika mobil yang ia buat hampir sama dengan ukuran mobil asli. Padahal dia membuat semuanya dengan bahan kayu jati.

taboola mid article

Tak heran hasil buah tangannya itu dilirik banyak orang. Peminatnya tak hanya dari dalam negeri, namun juga ke negara lain di Benua Eropa dan Benua Amerika. Lalu seperti apa karya yang dibuat oleh pengrajin kayu bernama Mujiyono itu? Berikut selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Ekspor hingga Benua Eropa dan Amerika

pria boyolali buat replika mobil mewah dari kayu jati

©YouTube/Liputan6

Mujiyono merupakan seorang tukang kayu asal Desa Curug, Kecamatan Mojosongo, Boyolali. Dia sudah empat tahun menekuni usaha kayu.

Ia sengaja membuat replika mobil dengan ukuran yang nyaris sama dengan ukuran aslinya untuk mencari ceruk pasar. Dengan memanfaatkan media sosial, kini karya replika kayu jatinya sampai ke benua Eropa dan Amerika.

Beberapa karyanya antara lain replika Mobil Ferrari F40 yang dipesan dari Amerika, lalu ada replika mobil Porche yang akan dikirim ke Eropa, serta replika mobil Land Rover Defender tahun 1991 yang sudah siap diekspor ke Belanda.

3 dari 4 halaman

Riset Terlebih Dahulu

pria boyolali buat replika mobil mewah dari kayu jati

©YouTube/Liputan6

Sebelum membuat mobil, Mujiyono harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai bentuk dan ukuran mobil sebelum mulai produksi. Ia kemudian membuat tim sebanyak tiga orang untuk menyelesaikan pesanan yang memakan waktu sekitar 2 bulan masa produksi. Untuk saat ini, ia mengaku terkendala alat produksi yang masih sederhana.

“Untuk kendala masih sama yaitu dari peralatan. Kita saat ini masih menggunakan peralatan manual. Jadi belum lengkap. Kalau nanti sudah lengkap peralatannya, mungkin hasilnya lebih cepat,” kata Mujiyono dikutip dari YouTube Liputan6 pada Jumat (2/9).

4 dari 4 halaman

Harga Replika Mobil

pria boyolali buat replika mobil mewah dari kayu jati

©YouTube/Liputan6

Selain replika mobil besar, Mujiyono juga membuat miniatur mobil kayu. Mobil kayu itu biasanya dipesan untuk dijadikan pajangan di hotel berbintang dan restoran mewah serta kolektor mobil mewah.

Untuk replika mobil kayu jati, Mujiyono menghargainya sebesar Rp50-70 juta. Besar kecilnya harga diukur dari seberapa besar kerumitan pembuatannya.

[shr]