Piala Oscar Pertama untuk Avatar The Way of Water: Best Visual Effects

Avatar: The Way of Water berhasil meraih Piala Oscar 2023 perdana untuk kategori Best Visual Effects.

Piala Oscar Pertama untuk Avatar The Way of Water: Best Visual Effects
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Avatar: The Way of Water berhasil meraih Piala Oscar 2023 perdana untuk kategori Best Visual Effects. Kemenangan ini menjadi penghargaan pertama yang diraih Avatar 2 dalam Academy Awards ke-95.

Film arahan James Cameron ini mengalahkan film blockbuster lain yang masuk dalam nominasi. Sebut saja All Quiet on the Western Front, The Batman, Black Panther: Wakanda Forever, dan Top Gun: Maverick.

Kategori Best Visual Effects dibacakan oleh Elizabeth Banks. Ia naik ke atas panggung bersama maskot beruang dari Cocaine Bear, film horor terbaru arahan Banks.

Piala Oscar tersebut kemudian diterima oleh Richard Baneham, Eric Sandon, Daniel Barrrett, dan Joe Letter sebagai perwakilan dari Avatar 2.

"Untuk James Cameron, yang jejak artistiknya ada di setiap frame film ini. Dan Jon Landau yang menjadi mesin dan mendorong kami maju," ucap Baneham.

"Kami menerima penghargaan ini atas nama kru yang sangat besar. Kami juga berterima kasih kepada lab dan kru panggung di Los Angeles dan Selandia Baru," lanjutnya.

[Gambas:Video CNN]

Untuk saat ini, Avatar: The Way of Water masih akan bersaing dalam kategori Best Sound dan kategori utama Best Picture.

Sementara itu, film ini kalah dari All Quiet on the Western Front untuk kategori Best Production Design.

Avatar: The Way of Water merupakan film kedua dari saga Avatar garapan James Cameron. Saga ini diproyeksi akan merilis hingga lima film yang tayang dalam beberapa tahun mendatang.

Avatar: The Way of Water kembali dibintangi aktor dari film pertama, seperti Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, hingga Stephen Lang.

Selain itu, film ini juga dibintangi sejumlah aktor baru lainnya, seperti Kate Winslet, Cliff Curtis, Edie Falco, Brendan Clower, Britain Dalton, Jamie Flatters, hingga Jack Champion.

Sementara itu, James Cameron telah menyelesaikan produksi Avatar 3 yang digarap dalam satu waktu dengan Avatar: The Way of Water.

Film ketiga dari saga tersebut dijadwalkan tayang di bioskop pada 20 Desember 2024. Proyek waralaba raksasa itu nantinya bakal terus berlanjut hingga Avatar 5.

(frl/end)