Persiapkan 5 Hal Ini agar Liburan Bareng Anak Makin Menyenangkan

Sebelum memutuskan destinasi wisata serta berapa lama durasi dan agar liburan berjalan lancar dan menyenangkan, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan.

Persiapkan 5 Hal Ini agar Liburan Bareng Anak Makin Menyenangkan
image
Jakarta -

Liburan sekolah merupakan waktu yang ditunggu-tunggu tidak hanya oleh anak-anak, namun juga oleh orang tua. Alasannya, periode liburan sekolah ini adalah kesempatan untuk menghabiskan waktu berkualitas dan menyenangkan bersama keluarga, beristirahat dari rutinitas sehari-hari, dan membuat kenangan serta cerita seru yang tak terlupakan.

Nah, sebelum Anda memutuskan destinasi wisata serta berapa lama durasi liburan dan agar liburan berjalan lancar dan menyenangkan, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Mulai dari pesan tiket pesawat saat libur sekolah hingga mempersiapkan beberapa barang bawaan. Selain agar Anda tidak terlalu repot saat hari liburan tiba, persiapan juga diperlukan agar liburan Anda jadi lebih rapi dan teratur.

Berikut ini adalah beberapa tips persiapan untuk liburan sekolah bersama anak.

1. Tentukan Tujuan dan Rencanakan Perjalanan

Tips yang pertama adalah menentukan tujuan serta rencana perjalanan liburan keluarga Anda, atau itinerary. Tentukan tujuan yang mudah untuk dijangkau serta dekat dengan fasilitas umum.

Selain itu, jangan lupa untuk mendiskusikan destinasi liburan dengan anak-anak untuk mengetahui tempat yang ingin mereka kunjungi. Anda bisa mencari tahu apakah ingin mengunjungi taman hiburan, pantai, wisata alam, atau mungkin kota lain yang menarik untuk dikunjungi. Melibatkan anak-anak dalam proses perencanaan akan memberikan mereka rasa antusias dan senang yang lebih besar terhadap liburan.

Sebelum menentukan destinasi, ada baiknya untuk mencari tahu informasi tentang tempat-tempat yang akan dikunjungi, seperti cuaca, fasilitas, dan aktivitas yang tersedia, sehingga Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

2. Siapkan Perlengkapan dan Kebutuhan Liburan

Tips selanjutnya adalah pastikan Anda membawa barang-barang yang diperlukan seperti pakaian, obat-obatan, peralatan mandi, dan perlengkapan tidur. Begitu juga dengan keperluan anak Anda. Selain itu, siapkan juga perlengkapan untuk anak Anda, mulai dari baju ganti, popok, vitamin, mainan, camilan. Jika anak Anda punya riwayat kesehatan tertentu maka Anda perlu mempersiapkan perlengkapannya.

Lalu untuk bepergian jauh, sebaiknya bawa persiapan makanan atau minuman yang mudah untuk disajikan, berjaga-jaga jika terjadi delay atau kemacetan saat menuju ke lokasi liburan Anda. Selain itu, bawa juga mainan atau buku favorit anak-anak untuk menghibur mereka selama perjalanan yang cukup memakan waktu.

3. Periksa Kondisi Kesehatan Keluarga Sebelum Berangkat

Kesehatan merupakan hal penting yang perlu dipastikan, terutama jika Anda akan menempuh perjalanan yang cukup panjang. Pastikan semua anggota keluarga dalam keadaan sehat dan bawa obat-obatan yang diperlukan untuk menghadapi situasi darurat.

Jika perjalanan melibatkan aktivitas yang membutuhkan stamina, seperti berenang atau bersepeda, pastikan semua orang dalam kondisi fisik yang prima untuk mengikuti kegiatan tersebut. Persiapkan beberapa perlengkapan mulai dari baju ganti hingga air mineral.

4. Persiapkan Anggaran yang Sesuai untuk Liburan

Liburan memang menyenangkan. Namun, jangan sampai euforia liburan membuat Anda lupa untuk mengatur anggaran untuk liburan. Anggaran yang tidak disusun dengan baik dapat membuat Anda boros atau mengeluarkan banyak biaya selama liburan.

Diperlukan perencanaan keuangan yang matang termasuk transportasi, akomodasi, makanan, dan aktivitas selama liburan. Bila perlu, cari tahu apakah ada penawaran khusus atau diskon yang dapat digunakan untuk menghemat biaya. Anda bisa mencarinya melalui aplikasi traveling seperti Traveloka yang menawarkan banyak promosi. Mengatur anggaran dengan bijak akan membantu menghindari pengeluaran dan biaya yang tak terduga selama liburan.

5. Komunikasikan Rencana Cadangan

Persiapkan diri untuk kemungkinan yang bisa saja terjadi saat liburan, seperti macet panjang hingga destinasi yang tutup. Untuk itu, memiliki rencana cadangan diperlukan dan perlu disusun sebelum Anda berangkat liburan. Meskipun kita telah merencanakan segalanya dengan baik, tidak selalu semuanya berjalan sesuai rencana. Terkadang ada kendala atau perubahan tak terduga. Oleh karena itu, tetaplah fleksibel dan siap menghadapi perubahan rencana liburan.

Bicarakan dan libatkan anak-anak mengenai apa yang bisa mereka harapkan dari liburan ini, dan jelaskan bahwa perlu rencana cadangan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Anda juga bisa melibatkan anak-anak dalam menyusun rencana cadangan liburan Anda.

Sampaikan dengan jelas mengenai rencana perjalanan dan aktivitas yang akan dilakukan. Diskusikan juga tentang pentingnya tetap aman dan bertanggung jawab selama liburan. Bahas bahwa liburan ini adalah tentang bersenang-senang dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga, jadi rencana cadangan diperlukan agar kejadian tak terduga tidak merusak rencana liburan Anda.

Dalam persiapan liburan sekolah bersama anak, yang terpenting adalah menciptakan perjalanan yang indah dan meningkatkan ikatan keluarga. Dengan perencanaan yang matang, komunikasi yang baik, dan kesiapan untuk fleksibilitas, liburan ini pasti akan menjadi pengalaman yang berharga bagi semua anggota keluarga. Jadi, nikmatilah setiap momen bersama anak dan keluarga, jadikan momen liburan sekolah ini sebagai waktu yang penuh kegembiraan dan kebahagiaan.

Memesan tiket jadi lebih mudah secara online, salah satunya melalui Traveloka. Selain tersedia banyak pilihan, ada fitur easy reschedule dan refund Traveloka jika Anda ingin mengubah tanggal perjalanan Anda.

(Content Promotion/Traveloka)