Persiapan ADWI, Jalan Pantai Cemare Diminta Ditangani

GIRI MENANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekrar) dijadwalkan datang ke Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar. Menteri akan datang bersama tim penilai Anugrah Desa Wisata Indonesia ( ADWI) tahun 2023. Di ajang ini, Desa Wisata Lembar Selatan masuk 75 besar. Masalahnya, kondisi jalan terutama jalan yang menuju wisata pantai Cemare rusak. Termasuk jembatan […]

Persiapan ADWI, Jalan Pantai Cemare Diminta Ditangani
JALAN : Kondisi jalan menuju wisata pantai Cemare yang berlubang.

GIRI MENANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekrar) dijadwalkan datang ke Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar. Menteri akan datang bersama tim penilai Anugrah Desa Wisata Indonesia ( ADWI) tahun 2023. Di ajang ini, Desa Wisata Lembar Selatan masuk 75 besar.

Masalahnya, kondisi jalan terutama jalan yang menuju wisata pantai Cemare rusak. Termasuk jembatan kayu setempat yang butuh penanganan.

Pemerintah desa telah melakukan berbagai persiapan menyambut kedatangan Menparekraf serta tim ADWI. Pemdes meminta agar Pemerintah Kabupaten melakukan perbaikan jalan. Pihak desa sangat mendorong agar Pemda segera memperbaiki jalan bolong menuju lokasi wisata Cemare.” Beberapa persiapan yang telah kita lakukan diantaranya dari segi infrastruktur,” jelas Kades Lembar Selatan H. Beny Basuki kemarin.

Pihaknya sudah melakukan perabatan jalan, dan pos portal masuk sedang dalam proses perbaikan. Selain jalan menuju Cemare, kondisi jalan rusak menuju pintu masuk sebelum pos  jaga sudah dikoordinasikan dengan Pemkab Lobar. Pihaknya meminta Pemda menambal atau memperbaiki jalan bolong sebelum jembatan Cemare. “ Kami minta itu (jalan bolong) ditambal,” kata dia.

Selain itu pihaknya sudah membentuk tim untuk membantu tim juri, tim pembuatan video, tim penyambutan Menteri Sandiaga Uno, dan melakukan koordinasi dengan tim kabupaten.

“ Kami sudah menyusun itinerary tim juri, tim pembuatan vidieo, dan tim mas menteri,” jelasnya.

Menurut dia, salah satu keuntungan masuk 75 desa ADWI 2023 adalah dibuatkan video profil desa wisata Lembar Selatan. Dan itu akan diposting di YouTube Kemenparekraf, media sosial Menteri dengan follower jutaan orang.

Untuk rencana kunjungan Menteri lanjut dia, pertama disambut di kantor desa, kemudian menuju jembatan Cemare. Dari sana, rombongan Menteri naik perahu melewati hutan Mangrove, makam keramat, beach camp, sunset point. Namun ini kata dia, masih sebatas usulan yang akan  disampaikan ke protokol menteri.

Ia menambahkan, salah satu daya tarik nantinya adalah jembatan gantung yang dalam waktu dekat akan disambung dari Puyahan ke Cemare.(ami)