Perjalanan Karier Sisca JKT48, Lulus Setelah 9 Tahun Bergabung

Selama 9 tahun, Sisca sudah melewati banyak hal baik manis maupun pahit. Sisca menjadi salah satu member yang lulus dari daftar restrukturisasi JKT48. Perjalanan karier yang tidak selalu mulus, ia nikmati dengan penuh rasa bangga.

Perjalanan Karier Sisca JKT48, Lulus Setelah 9 Tahun Bergabung
Kamis, 16 Maret 2023 15:10 Reporter : Magang
Perjalanan Karier Sisca JKT48, Lulus Setelah 9 Tahun Bergabung Perjalanan Karier Sisca JKT48, Lulus Setelah 9 Tahun Bergabung. ©2023 Merdeka.com

Merdeka.com - Sisca merupakan salah satu member aktif dari idol group JKT48. Ia mengawali kariernya sebagai anggota JKT48 pada tahun 2014. Di usianya yang masih belia, Sisca dituntut untuk mengimbangi sekolah dan kegiatannya di JKT48.

Kemampuannya dalam bernyanyi tidak dapat diragukan lagi. Ia bahkan menjadi salah satu member yang memiliki suara paling merdu. Tidak hanya berkarier di dalam JKT48, Sisca melebarkan sayapnya dengan bermain peran dalam film. Akting perdananya membawanya menang penghargaan dalam salah satu ajang anugerah film Indonesia.

taboola mid article

Selama 9 tahun, Sisca sudah melewati banyak hal baik manis maupun pahit. Sisca menjadi salah satu member yang lulus dari daftar restrukturisasi JKT48. Bertahan sebagai satu dari empat member generasi tiga yang terakhir bukanlah hal yang mudah. Ia berusaha untuk memberikan contoh yang baik bagi adik-adiknya. Perjalanan karier yang tidak selalu mulus, ia nikmati dengan penuh bangga.

Berikut perjalanan karier Sisca JKT48 selama 9 tahun ini.

2 dari 7 halaman

Bergabung dengan Generasi 3 sebagai Trainee JKT48

perjalanan karier sisca jkt48 lulus setelah 9 tahun bergabung

©2023 Merdeka.com/Instagram jkt48sisca

Fransisca Saraswati atau Sisca mengawali kariernya dengan mengikuti audisi generasi 3 JKT48. Setelah melalui proses panjang, pada tanggal 15 Maret 2014 ia resmi menjadi trainee JKT48. Mereka pertama kali diperkenalkan secara langsung dalam acara Flying Get Handshake Festival. Satu per satu dari mereka memperkenalkan dirinya masing-masing. Sambutan hangat dari fans membuatnya semangat untuk memulai mimpinya di JKT48.

Ia bersama 31 temannya mulai menjalani berbagai latihan agar siap tampil di hadapan Fans JKT48. Saat menjadi trainee, Sisca ikut melakukan pertunjukan teater bersama teman segenerasinya. Mereka menampilkan setlist Pajama Drive dengan membawakan 16 lagu. Selain itu, mereka juga tampil dalam acara musik yang ramai pada waktu itu.

3 dari 7 halaman

Masuk Menjadi Member Reguler

Setelah menjadi member trainee selama 9 bulan, ia dan 15 temannya naik menjadi member reguler dengan masuk ke dalam Team T. Sebuah awal yang baik untuk dirinya semakin dekat dengan mimpinya di JKT48.

Ia mulai merasakan menjadi member JKT48 dengan mengikuti berbagai acara baik off air maupun on air. Namun, ia harus berpisah dengan beberapa teman segenerasinya karena ia dipindahkan ke Team KIII pada tahun 2016. Team ini menjadi team yang paling lama ia singgahi.

Sisca pernah masuk dalam jajaran undergirls single musim selanjutnya pada tahun 2019. Ia kembali harus berpisah dengan teman-temannya karena ia dipindahkan ke Team J. Sisca menjadi salah satu member yang pernah merasakan semua team di JKT48. Pasca restrukturisasi akibat pandemi, ia bersama 32 member lainnya bertahan untuk kelangsungan JKT48.

perjalanan karier sisca jkt48 lulus setelah 9 tahun bergabung

©2023 Merdeka.com/Instagram jkt48sisca

4 dari 7 halaman

Membentuk JKT48 Akustik

Kepiawaiannya dalam bermusik membuatnya terus berinovasi agar terus diingat oleh fans. Ia sering bernyanyi saat JKT48 mengadakan acara. Selain itu, ia juga kerap membuat cover lagu di media sosialnya.

Saat berada di Team KIII, ia dipertemukan oleh Rona, Nadila, dan Aurel. Mereka berempat awalnya iseng membuat cover lagu bersama-sama. Namun, keisengannya ini membuahkan ide untuk membentuk JKT48 Akustik.

perjalanan karier sisca jkt48 lulus setelah 9 tahun bergabung

©2023 Merdeka.com/Instagram jkt48sisca

Melalui unit ini, Sisca semakin menunjukkan suaranya yang merdu. Tidak hanya sekadar bernyanyi, JKT48 Akustik juga mengeluarkan single pertamanya dengan judul “Lantang” pada tahun 2018. Kini, JKT48 Akustik telah membubarkan diri dan hanya menyisakan Sisca di JKT48.

5 dari 7 halaman

Duet Bareng Didi Kempot

Tidak hanya lagu-lagu populer yang dinyanyikan, Sisca juga kerap membuat cover lagu dari penyanyi idolanya, Didi Kempot. Kesenangannya dengan lagu-lagu ambyar membuat Sisca dilirik dan diajak duet oleh Didi Kempot.

Dalam konser yang bertajuk “Didi Kempot The Godfather of Broken Heart” Sisca menyanyikan beberapa lagu bersama Didi Kempot. Rasa senang tidak dapat terbendung dari dirinya. Ia merasa sangat tersanjung karena dapat berduet dengan Didi Kempot.

perjalanan karier sisca jkt48 lulus setelah 9 tahun bergabung

©2023 Merdeka.com/Instagram jkt48sisca

Bermain dalam film Sobat Ambyar

Sisca mulai terjun dalam dunia perfilman dengan berperan sebagai Anjani dalam film “Sobat Ambyar” pada tahun 2021. Film pertama Sisca ini membawanya pada kesuksesan dirinya dengan memperoleh penghargaan artis pendatang baru terfavorit dalam ajang Indonesian Movie Actors Awards 2021. Ia mempersembahkan piala itu kepada mendiang Didi Kempot yang telah memberikan kesempatan baik pada dirinya.

perjalanan karier sisca jkt48 lulus setelah 9 tahun bergabung

©2023 Merdeka.com/Instagram jkt48sisca

6 dari 7 halaman

Merilis single hingga EP Asa dan Rasa

Tergabung dalam JKT48 tidak membuat dirinya hanya diam tanpa menghasilkan sebuah karya. Ia memberanikan diri untuk merilis single pertamanya pada tahun 2021. Single dengan judul “Berdebar” berhasil diterima baik oleh publik. Lagu yang bercerita tentang kekaguman fans pada idolanya ini dianggap sangat mencerminkan kenyataan. Sisca sendiri mengaku lagu yang ia buat ini terinspirasi oleh sang idola, yaitu Earth Pirapat.

perjalanan karier sisca jkt48 lulus setelah 9 tahun bergabung

©2023 Merdeka.com/Instagram jkt48sisca

Setahun setelah lagu Berdebar dirilis, pada 25 November 2022 Sisca kembali merilis karya dengan bentuk mini album (EP) yang bertajuk “Asa dan Rasa”. EP ini dirilis secara digital di berbagai platform musik secara gratis. Berisikan 4 lagu baru dan 1 lagu yang sudah dirilisnya, EP ini membuktikan keseriusannya dalam bernyanyi. Sambutan hangat fans mengiringi rilisnya EP Asa dan Rasa milik Sisca ini.

7 dari 7 halaman

Mengumumkan Kelulusannya di Teater JKT48

Tepat 9 tahun bergabung dengan JKT48 pada 15 Maret lalu, Sisca mengumumkan untuk segera lulus dari JKT48. Dalam akhir pertunjukan setlist Aturan Anti Cinta, Sisca memberikan pengumuman itu.

“Hari ini, di Teater JKT48 yang menjadi saksi atas semua tangis dan suka ku selama 9 tahun. Aku Sisca Saras dari JKT48 generasi 3 mengumumkan untuk lulus dari JKT48,” ungkapnya di hadapan fans dan member JKT48.

perjalanan karier sisca jkt48 lulus setelah 9 tahun bergabung

©2023 Merdeka.com/Instagram jkt48sisca

Pengumuman tersebut sontak membuat kaget para member dan juga fans. Bagaimana tidak, generasi 3 yang menjadi generasi paling tua yang masih aktif kini menyisakan tiga orang. Nama Sisca pun menjadi ramai diperbincangkan oleh khalayak. Bagi Sisca, pengumuman tersebut juga berat untuk ia sampaikan, tetapi ia tidak mau terus berada dalam zona nyaman. Ia ingin mengembangkan kariernya di luar JKT48. Sisca masih terus aktif berkegiatan di JKT48 sampai ada penetapan tanggal untuk pertunjukan kelulusannya.

[jen]