Peringati Hari Sumpah Pemuda, Ini 3 Film Indonesia yang Dapat Kamu Tonton!

Untuk memperingati hari Sumpah Pemuda, selain membagikan ucapan dan quotes, kamu juga dapat memperingati hari ini dengan menonton film Sumpah Pemuda

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Ini 3 Film Indonesia yang Dapat Kamu Tonton!
image

INDOZONE.ID - Pada tanggal 28 Oktober, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Hari bersejarah ini dilandasi sebuah kongres Sumpah Pemuda yang dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 28 Oktober. 

Untuk memperingati hari ini, selain dapat membagikan ucapan dan quotes sumpah pemuda, kamu juga dapat memperingati hari ini dengan menonton film Sumpah Pemuda. Berikut beberapa rekomendasi film tentang Sumpah Pemuda yang dapat kamu tonton. 

1. Wage 

Film Indonesia ini Dikutip dari situs Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Setneg RI), tema Hari Sumpah Pemuda 2022 ke-94 adalah "Bersatu Bangun Bangsa".

Kisah tokoh Wage Rudolf atau WR Supratman diceritakan dalam film ini. Perjalanan hidupnya mulai dari kecil hingga mampu menciptakan lagu-lagu kebangsaan menjadi benang merah film ini. 

Film ini menunjukkan bahwa perjuangan tidak harus dilakukan dengan perjuangan fisik namun juga lewat lagu. 

2. Rudy Habibie 

Rudy Habibie merupakan prekuel dari Habibie & Ainun yang diangkat dari novel semi-biografi Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner.

Film Indonesia ini mengisahkan sosok Rudy sebelum mengenal Ainun, sang istri. Ia melanjutkan pendidikan tinggi di Jerman dan menjadi ketua PPI Aachen di tahun 1957 setelah melewati persaingan ketat dengan seniornya, bahkan ditugaskan menggelar Seminar Pembangunan untuk seluruh anggota PPI di Eropa.

Rudy pun menghadapi tantangan saat dirinya dipanggil oleh Indonesia yang baru merdeka dan membutuhkan sosok muda jenius, kreatif, serta pantang menyerah seperti dirinya.

3. Gie

Gie merupakan film Indonesia yang diadaptasi dari buku Catatan Seorang Demonstran yang ditulis oleh Soe Hok Gie.

Ia merupakan salah satu aktivis dari Universitas Indonesia. Sejak kecil Soe Hok Gie tertarik dengan pemikiran-pemikiran tokoh besar. 

Bersama teman-temanya, dengan tekad besar. Gie bersikeras untuk tidak memihak golongan manapun meski membenci pemerintahan Soekarno yang diktator.

Nah, itulah tiga film Indonesia yang dapat kamu tontonuntuk memperingati Hari Sumpah Pemuda. 

Pada dasarnya, film-film ini tak secara langsung menceritakan peristiwa Sumpah Pemuda, namun perjuangan para tokoh tersebut cukup menggambarkan perjuangan para pemuda bangsa.

Artikel Menarik Lainnya: