Pengertian Teks Bahasa Inggris Descriptive Text Beserta Contohnya

Salah satu macam teks bahasa Inggris adalah descriptive text. Apa tujuan dan contoh dari teks ini?

image

Daftar Isi

Jakarta -

Ada berbagai macam teks bahasa Inggris di antaranya yaitu recount text dan descriptive text. Recount text menceritakan kejadian di masa lampau, sementara itu, descriptive text menjelaskan teks mengenai seseorang, tempat atau benda secara detail.

Kali ini kita akan membahas descriptive text. Dalam penulisan descriptive text, tenses yang digunakan adalah simple present tense. Yuk pelajari lebih lanjut.

Pengertian Descriptive Text

Mengutip Modul MTSN 2 Lamongan, descriptive text terbagi menjadi dua kata, descriptive adalah gambaran dan text adalah tulisan. Jadi, descriptive text adalah teks yang menggambarkan seseorang, benda atau tempat tertentu sehingga pembaca bisa membayangkan seolah deskripsi yang diceritakan benar-benar nyata.

Menurut Modul Ajar Descriptive Text, descriptive text bertujuan untuk menggambarkan karakteristik seseorang, hewan, tempat, benda dan lainnya dalam bahasa Inggris. Dalam mendeskripsikan beberapa hal tersebut, descriptive text identik dengan penggunaan kata sifat.

Contoh dari penulisan descriptive text yaitu bisa kamu temukan di brosur perjalanan. Dalam brosur ini terdapat berbagai detail mengenai informasi destinasi, misalnya, sebuah wahana, restoran dan lain sebagainya.

Struktur Descriptive Text

Descriptive text tersusun atas pernyataan pembuka (identification), deskripsi (description) dan kesimpulan (conclusion). Berikut penjelasannya:

1. Identification

Identification diposisikan pada paragraf pembuka. Struktur pertama ini bertujuan untuk mengenalkan objek yang akan dibedah. Objek bisa berupa orang, tempat ataupun peristiwa

2. Description

Description berisi tentang penjelasan mengenai ciri-ciri, sifat atau hal-hal lain yang berkaitan dengan objek yang dideskirpsikan.

3. Conclusion

Terakhir, paragraf ditutup dengan kesimpulan dari teks deskripsi.

Ciri-ciri Descriptive Text

Sebelum menuliskan descriptive text, kamu perlu mengetahui beberapa hal yang menjadi acuan bagi penulisan teks ini..Beberapa ciri-ciri descriptive text adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan atribut verb, seperti be (is, am are)
  • Menggunakan simple present tense
  • Fokus pada satu objek
  • Menggunakan kata sifat atau adjective
  • Menggunakan bahasa yang menarik.

Contoh Descriptive Text

Setelah mengetahui pengertian, struktur dan ciri-ciri, ketahui pula contoh dari descriptive text. Berikut contoh descriptive text mengutip buku Siswa Bahasa Inggris untuk SMA atau MA kelas X.

Coyoacan is one of the most typical neighborhoods located inside the noisy and fast-paced Mexico City and a mandatory place to visit if you want to enjoy the experience of tranquility and peace.

As you walk by the streets of this place, you can observe some of the oldest but colorful and traditional houses that keep the Spanish style in their construction and Baroque design. You can stop for a moment and taste a warm aromatic cup of coffee as you enjoy a talk with friends or appreciate a local art exposition. Continue your journey and find endless type of unique souvenirs at the multiple shops, libraries, boutiques, museums and galleries.

At lunch dinner time, you taste a variety of exquisite food. Without a doubt there is something for everyone from a delicious typical Mexican food stand in a corner, up to the most exquisite gourmet dishes at a fancy restaurant.

There is always something to do in this lively and beautiful place. So, next time you come to Mexico City, include Coyoacan in your itinerary and enjoy pleasure of relaxing moment in time.

Perbedaan Descriptive Text dengan Recount Text

Dikutip dari buku Top One Ulangan Harian SMA, recount text adalah sebuah teks yang menceritakan kembali peristiwa atau aktivitas yang terjadi pada masa lampau. Sebab terjadi di masa lalu, recount text menggunakan simple past tense.

Sehingga penggunaan keterangan waktu, kata penghubung, nouns, pronouns hingga kata sifat atau adjective mengikuti aturan grammar past tense. Teks bahasa Inggris ini bisa ditemukan di laporan ilmiah, berita hingga kisah atau histori hidup seseorang.

Itulah pengertian, struktur, ciri- ciri, contoh dari descriptive text hingga perbedaannya dengan recount text. Semoga artikel ini membantumu ya.

Simak Video "Jokowi Blusukan ke Pasar Badung Bali Bawa Media Asing"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/row)