Optimalkan Kredibilitas, Festival Film Wartawan Indonesia 2023 Lakukan Langkah Ini

Dibawah koordinasi Kemendikbudristek, panitia Festival Film Wartawan 2023 telah memulai bekerja dengan menyusun daftar film-film yang tayang di bioskop dan platform OTT.

Optimalkan Kredibilitas, Festival Film Wartawan Indonesia 2023 Lakukan Langkah Ini

Kamis, 25 Mei 2023 - 19:08 WIB

VIVA Showbiz – Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII tahun 2023 menggelar acara Sosialisasi Pedoman Penilaian Dewan Juri yang berlangsung di Gedung E Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Jakarta, pada Rabu, 24 Mei 2023. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Dewan Juri FFWI dalam memilih karya-karya film nasional terbaik serta meningkatkan kredibilitas sistem dan metode penilaian dalam festival ini.

Dalam acara sosialisasi tersebut, terdapat empat narasumber yang tampil, yaitu Rita Srihastuti (Anggota LSF), Susi Ivvaty (Editor dan Pendiri alif.id), Daniel Irawan (Penggiat Perfilman), dan sutradara Helfi Kardit. Dewan Juri yang mengikuti sosialisasi ini secara daring tampak sangat antusias. Scroll lebih lanjut ya.

Baca Juga :

"Bagi kami, sosialisasi ini sangat berharga untuk meningkatkan pemahaman dalam menilai film," ungkap salah satu anggota Dewan Juri Awal.

[embedded content]

Siapa yang Pantas Menjadi Juri?

Ilustrasi menonton film.

Ilustrasi menonton film.

Photo :
  • dok. pixabay

Daniel menjelaskan bahwa dalam menilai film dalam sebuah festival, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah siapa yang pantas menjadi juri dan apa syaratnya? Meskipun tidak ada aturan baku dalam literatur atau undang-undang, Daniel menyebutkan bahwa produser film, kritikus film, pakar film, aktor dan aktris, serta wartawan peliput film merupakan orang-orang yang layak menjadi juri dalam festival film.

Halaman Selanjutnya

"Namun di antara semua profesi tersebut, wartawan peliput film adalah yang paling cocok menjadi juri festival film," katanya.

img_title

Baca Juga :