Ngeri-Ngeri Sedap Gagal Jadi Nominasi Oscar 2023

Ngeri-Ngeri Sedap perwakilan Indonesia untuk Oscar 2023 gagal masuk daftar pendek yang diumumkan AMPAS pada Rabu (21/12).

Ngeri-Ngeri Sedap Gagal Jadi Nominasi Oscar 2023
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Pihak Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) mengumumkan shortlist atau daftar pendek untuk semua kategori Piala Oscar 2023, termasuk International Feature Film (Film Internasional Terbaik).

Daftar pendek tersebut menampilkan judul-judul film dari 15 dari 92 negara akan maju ke putaran pemungutan suara dan berhak bersaing untuk bisa masuk nominasi Oscar 2023.

Berdasarkan daftar pendek tersebut, Indonesia tak ada dalam jajaran 15 negara yang terpilih. Sebelumnya, Indonesia mengirimkan Ngeri-Ngeri Sedap untuk ikut seleksi daftar pendek beberapa waktu lalu.

Pada September 2022, Ngeri-Ngeri Sedap diumumkan terpilih menjadi perwakilan Indonesia ke ajang Piala Oscar 2023 atau Academy Awards ke-95 dalam kategori Best International Feature Film.

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 menyampaikan Ngeri-Ngeri Sedap adalah film Indonesia kedua ke Oscar yang bergenre komedi setelah Nagabonar (1986).

Beberapa perwakilan Asia dalam daftar pendek tersebut, seperti India (Last Film Show), Kamboja (Return to Seoul), serta Korea Selatan (Decision to Leave).

Setelah daftar pendek, AMPAS kemudian akan memilih lima film untuk masuk nominasi International Feature Film pada 24 Januari waktu AS bersamaan dengan kategori lainnya.

CNNIndonesia.com sebelumnya telah menganalisis peluang Ngeri-Ngeri Sedap untuk mencapai target Indonesia yang tidak kunjung tercapai, yakni masuk nominasi Oscar.

Berikut shortlist atau daftar pendek International Feature Film Oscar 2023.

Argentina - Argentina, 1985
Austria - Corsage
Belgia - Close
Denmark - Holy Spider
India - Last Film Show
Irlandia - The Quiet Girl
Jerman - All Quiet on the Western Front
Kamboja - Return to Seoul
Korea Selatan - Decision to Leave
Meksiko - Bardo, False Chronicle of Handful of Truths
Maroko - The Blue Caftan
Pakistan - Joyland
Polandia - EO
Prancis - Saint Omer
Swedia - Cairo Conspiracy.

Academy Awards ke-95 atau Oscar 2023 akan diselenggarakan pada 12 Maret 2023 di Dolby Theatre.

(chri)