Netflix Uji Game TV yang Bisa Dikontrol dengan Smartphone

Netflix disebut tengah menguji game untuk TV yang bisa dikontrol dengan smartphone.

Netflix Uji Game TV yang Bisa Dikontrol dengan Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Netflix disebut tengah menguji game untuk TV, berdasarkan kode dalam aplikasinya yang ditemukan oleh seorang penulis di bidang pengembang aplikasi bernama Steve Moser.

Moser dilaporkan menemukan kode tersembunyi yang mereferensikan game dapat dimainkan di televisi, serta kode tambahan yang mengindikasikan kemungkinan dapat menggunakan ponsel sebagai pengontrol untuk memainkannya.

"Game di TV kamu membutuhkan pengontrol untuk dimainkan. Apakah kamu ingin menggunakan ponsel sebagai pengontrol game?," demikian keterangan dalam aplikasi.

Mengutip Engadget, Jumat (31/3/2023), Moser juga sebelumnya menemukan petunjuk tentang layanan yang berisi iklan mungkin tidak datang dengan tampilan offline. Prediksinya ternyata benar.

Netflix sendiri telah menyuguhkan pengalaman bermain game di Android, iPhone, dan iPad pada tahun 2021. Pengguna seluler harus mengunduh game dari App Store atau dari Google Play karena aturan yang ditetapkan oleh Apple dan Google.

Tetapi karena tujuan dari permainan ini adalah untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, mereka bisa dimainkan dari dalam aplikasi Netflix dan diperlukan langganan aktif untuk dapat mengaksesnya. Di aplikasi Netflix untuk TV, deretan game ini belum ada.

Wakil Presiden pengembangan game Netflix, Mike Verdu, mengatakan pada tahun lalu bahwa perusahaan "secara serius mengeksplorasi penawaran game cloud" dan ingin meluncurkan lebih dari sekadar game kasual untuk televisi.

Untuk saat ini, pengguna harus puas dengan apa yang tersedia di smartphone. Saat ini, katalog Netflix memiliki sekitar 55 judul game, meskipun akan meluncurkan 40 game lagi sepanjang tahun 2023.

2 dari 4 halaman

Sudah Punya 55 Judul, Netflix Berencana Tambah 40 Judul Game Mobile Lagi di 2023

Setelah memiliki 55 judul gim atau game mobile di perpustakaannya, Netflix berencana menambahkan sekitar 40 game lagi di sepanjang 2023. Sekadar diketahui, baru-baru ini, perusahaan ini telah menambahkan Valiant Hearts: Coming Home dan Highwater Dystopia dalam katalog gamenya.

Namun dari informasi terkini, masih banyak judul game mobile dari Netflix yang akan hadir dalam waktu dekat. Mengutip informasi yang dilansir Engadget, Selasa (21/2/2023), terdapat sejumlah game mobile yang telah diketahui akan masuk dalam daftar Netflix Games tahun ini.

Sebelumnya, Netflix sudah mengungkapkan sejumlah judul baru yang akan segera dapat dinikmati 230 juta pelanggannya. Beberapa di antaranya yaitu Terra Nil dan Paper Trail. Selain itu, Netflix juga telah memiliki kesepakatan dengan Ubisoft untuk tiga permainan eksklusif.

Pada 18 April mendatang, Netflix turut mengungkap akan menghadirkan game Mighty Quest: Rogue Palace yang rilis dengan sejumlah peningkatan formula. Mulai dari cerita yang lebih dalam serta gameplay yang disempurnakan.

Sementara menjelang akhir tahun ini, perusahaan juga akan merilis penerus dari game Too Hot to Handle: Love is Game yang diangkat dari serial reality show paling hit di platform streaming tersebut. Untuk diketahui, game itu menjadi salah satu judul yang paling banyak dimainkan hingga saat ini.

Tidak hanya itu, Monument Valley dan Monument Valley 2 juga akan hadir di Netflix Games tanpa biaya tambahan untuk para pelanggan pada tahun 2024.

3 dari 4 halaman

Game yang Diangkat dari Acara Netflix Jadi Primadona

Di samping judul-judul permainan di atas, terdapat beberapa game lainnya yang tidak diumumkan, tapi dikabarkan akan turut meramaikan Netflix Games.

Pengembang Vainglory, yakni Super Evil Megacorp, dilaporkan sedang mengembangkan judul eksklusif untuk Netflix Games. Game ini dibuat berdasarkan keahlian studio tersebut dalam membuat game pertarungan berbasis tim. 

Vice President of External Games Netflix, Leanne Loombe menuturkan, game tersebut merupakan pertaruhan besar sekaligus langkah Netflix sebagai perusahaan transmedia. 

Loombe juga menambahkan, sejak Netflix mulai menawarkan game pada tahun 2021, ditemukan sebagian besar pemain tertarik pada permainan yang memiliki tiga faktor, yaitu judul yang mudah dikenali, mendorong pemain untuk memainkannya sehari-hari, serta game yang diangkat dari acara atau film, misalnya game Stranger Things: 1984.

4 dari 4 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)