Netflix Pangkas Harga, Sadar Masyarakat Banyak Pilihan Lain

Meski Netflix telah menurunkan harga langganan, layanan streaming tersebut masih menjadi yang termahal di Indonesia.

Netflix Pangkas Harga, Sadar Masyarakat Banyak Pilihan Lain
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Netflix memutuskan menurunkan biaya langganan per hari ini Selasa (21/2). Mereka menyadari kini masyarakat punya banyak pilihan lain.

Biaya yang diturunkan oleh Netflix adalah paket Basic yang semula Rp120 ribu menjadi Rp65 ribu per bulan, kemudian paket Standard yang semula Rp153 ribu menjadi Rp120 ribu per bulan.

Netflix sendiri memiliki beberapa layanan langganan, yakni Mobile khusus ponsel seharga Rp54 ribu per bulan, lalu Basic untuk desktop dan ponsel, lalu Standard, dan Premium.

Layanan termahal Netflix saat ini masih berupa Premium seharga Rp186 ribu. Layanan ini bisa digunakan empat akun dewasa dan satu anak, sementara yang lain hanya bisa satu akun.

"Kami sadar bahwa saat ini terdapat begitu banyak pilihan hiburan," kata Netflix dalam pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (21/2).

"Kami berkomitmen penuh untuk menghadirkan pengalaman yang tidak saja memuaskan kebutuhan tapi juga melebihi ekspektasi pengguna," lanjutnya.

[Gambas:Video CNN]

"Tujuan kami sederhana: menawarkan serial dan film yang beragam dan bermutu bagi pengguna," kata mereka.

Keputusan Netflix ini datang setelah sebelumnya ramai layanan streaming raksasa ini melarang pengguna dalam berbagi kata kunci atau password.

Kebijakan itu diambil menjelang akhir kuartal pertama (Q1) 2023. Hal itu diumumkan perusahaan dalam laporan pendapatan, Kamis (19/1).

"Sementara ketentuan penggunaan kami membatasi penggunaan Netflix untuk rumah tangga, kami menyadari ini adalah perubahan bagi anggota yang berbagi akun secara lebih luas," tulis Netflix.

Sementara sebelumnya, Netflix sempat dilaporkan akan menetapkan harga langganan tapi beriklan. Laporan itu pun sempat dibantah oleh Netflix.

Meski kini Netflix telah menurunkan harga langganan, layanan streaming tersebut masih menjadi yang termahal di Indonesia.

Layanan streaming legal lain di Indonesia, Disney + Hotstar mematok Rp39 ribu per bulan. Kemudian Amazon Prime Video punya harga terendah Rp8 ribu untuk 7 hari di paket Mobile dengan Telkomsel.

Lalu HBO GO bisa dijangkau Rp99 ribu untuk tiga bulan, atau Rp33 ribu per bulan. Kemudian WeTV dan iQiyi bisa diperoleh dengan harga Rp39 ribu per bulan untuk layanan setara Basic.

[Gambas:Twitter]

(end)

[Gambas:Video CNN]