Nana dan Autobiography Masuk Nominasi Asian Film Awards 2023

Dalam ajang Asian Film Awards 2023, Before, Now, and Then (Nana) berhasil meraih lima nominasi. Sementara Autobiography dapat dua nominasi.

Nana dan Autobiography Masuk Nominasi Asian Film Awards 2023
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Dua film asal Indonesia yakni Before, Now, and Then (Nana) serta Autobiography berhasil masuk dalam daftar nominasi di ajang penghargaan Asian Film Awards ke-16 yang akan dihelat di Hong Kong Palace Museum pada 12 Maret 2023.

Pada helatan kali ini, film Before, Now, and Then (Nana) berhasil memborong nominasi untuk lima kategori sekaligus. Pemeran utama Nana Happy Salma berhasil masuk sebagai nominasi dalam kategori Best Actress, bersaing dengan empat aktris lain dari berbagai negara.

Di kategori tersebut, Happy Salma akan bersaing dengan Sylvia Chang lewat A Light Never Goes Out (Hong Kong), Karena Lam (American Girl - Taiwan), Tang Wei (Decision to Leave - Korsel), dan Chieko Baisho (Plan 75 - Jepang).

Selain Happy Salma, Before, Now, and Then (Nana) juga berhasil menyumbang satu nama dalam kategori Best Supporting Actress yang diwakili oleh Laura Basuki lewat perannya sebagai Ino.

Dalam kategori tersebut, Laura Basuki akan bersaing dengan Sakura Ando (A Man - Jepang), Kim So-jin (Emergency Declaration - Korsel), Tao Yin (Home Coming - China), dan Yumi Kawai (Plan 75 - Jepang).

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, Before, Now, and Then (Nana) berhasil mendapatkan nominasi untuk kategori Best Cinematography (Batara Goempar), Best Costume Design (Retno Ratih Damayanti), serta Best Production Design (Vida Sylvia Theresia).

Sementara itu, sutradara Makbul Mubarak juga berhasil masuk sebagai nominasi dalam dua kategori sekaligus melalui film terbarunya, Autobiography.

Nominasi pertama Makbul adalah kategori Best New Director, dan akan bersaing dengan Saim Sadiq (Joyland - Pakistan), Jigme Trinley (One and Four - China), Chie Hayakawa (Plan 75 - Jepang), serta Kim Se-in (The Apartment with Two Women - Korsel).

Selain itu, Makbul juga bakal bersaing dalam kategori Best Screenplay bersama dengan Decision to Leave (Chung Seo-kyung, Park Chan-wook - Korsel), Drive My Car (Ryusuke Hamaguchi, Takasama Oe - Jepang), Lighting Up the Stars (Jiangjiang Liu, Min Yu - China), serta When the Waves Are Gone (Lav Diaz - Filipina).

Dalam ajang penghargaan Asian Film Awards ke-16 ini, film asal Korsel Decision to Leave berhasil mengumpulkan nominasi paling banyak lewat sepuluh kategori, dua diantaranya adalah kategori prestise yakni Best Film dan Best Director.

Film asal Jepang, Drive My Car (Ryusuke Hamaguchi) menempati urutan kedua dengan perolehan delapan nominasi, termasuk kategori Best Film, Best Director, dan Best Actor.

Menurut keterangan pihak penyelenggara, sebanyak 30 film dari 22 wilayah dan negara telah dipilih untuk 81 nominasi dalam perebutan 16 penghargaan di ajang Asian Film Awards ke-16.

Asian Film Awards adalah ajang tahunan yang diadakan oleh Asian Film Awards Academy yang sudah dilangsungkan sejak 2007 untuk merayakan film-film dari industri film Asia.

Lanjut ke sebelah...

Daftar Lengkap Nominasi Asian Film Awards 2023

BACA HALAMAN BERIKUTNYA