Misteri Putri Duyung Israel dan Penampakan Lain di Dunia

Kisah keberadaan putri duyung sudah terdengar sejak lama.

Misteri Putri Duyung Israel dan Penampakan Lain di Dunia
image

Jakarta, CNBC Indonesia - Kisah keberadaan putri duyung sudah terdengar sejak lama. Termasuk cerita fiksi Ariel yang merupakan sosok putri duyung dalam film The Little Mermaids yang baru saja dirilis di Indonesia.

Sementara di dunia nyata, banyak pihak yang mengklaim pernah melihat sosok manusia setengah ikan tersebut. Meski bukti nyatanya belum ada hingga sekarang.

Salah satunya klaim putri duyung terlihat di pantai kota Kiryat Yam, Israel. Cerita itu membuat pantai didatangi banyak orang dengan harapan juga bisa melihatnya.

Bahkan cerita berkembang jika putri duyung hanya hadir saat matahari terbenam. Akhirnya menghilang saat malam hari datang.

Shlomo Cohen, salah satu orang pertama yang melihat putri duyung, mengaku melihat sosok wanita sedang ada di atas pasir. Bukan kaki, bagian bawah tubuh wanita itu ternyata berupa ekor.

"Saya sedang bersama teman-teman ketika tiba-tiba kami melihat seorang wanita berbaring di atas pasir dengan cara yang aneh," kata Cohen, dikutip dari Live Science, Kamis (25/5/2023).

Dia menambahkan,"Awalnya saya mengira dia hanya orang yang sedang berjemur. Namun saat kami mendekat, dia melompat ke air dan menghilang. Kami terkejut karena melihat dia memiliki ekor".

Namun Live Science mencatat tidak jelas makhluk apa yang dilihat orang-orang tersebut. Sebab sejumlah saksi mengatakan melihat bagian kecil saja dari sosok misterius itu.

Ketenaran cerita tersebut ditanggapi positif oleh pemerintah setempat. Berdasarkan laporan Live Science, pemerintah menawarkan hadiah $1 juta untuk orang yang berhasil memotret putri duyung.

Menurut Live Science, identifikasi hewan di perairan memang sulit, apalagi jika tubuh hewan yang terlihat hanya sebagian kecil. Di bawah sinar matahari senja dan jarak yang jauh, semuanya makin rancu.

Manusia duyung memang telah lama menjadi pembicaraan para pelaut. Ada lusinan catatan sejarah tentang klaim penampakan manusia duyung.

Misalnya, laporan Kapten Richard Whitbourne yang mengaku melihat manusia duyung di Newfoundland pada 1610. Ada juga cerita dari Skotlandia pada 1830 tentang anak kecil yang membunuh manusia duyung berbentuk bocah berusia 3-4 tahun yang bagian bawah tubuhnya berbentuk buntut salmon.

PT Barnum, pemilik sirkus yang terkenal karena film The Greatest Showman, memanfaatkan minat untuk melihat manusia duyung dengan sebuah "tubuh palsu". Ia menggabungkan hasil pengawetan tubuh bagian atas monyet dengan tubuh bagian bawah ikan kemudian dipamerkan sebagai FeeJee Mermaid.


[Gambas:Video CNBC]