MIM 16 Ponpes Karangasem Manasik Haji 'Internasional' | PWMU.CO

MIM 16 Ponpes Karangasem Manasik Haji Internasional; Liputan Zulfatus Salima, kontributor PWMU.CO Lamongan.

MIM 16 Ponpes Karangasem Manasik Haji 'Internasional' | PWMU.CO
Suasana manasik haji MIM 16 Ponpes Karangasem Paciran Lamongan (Istimewa/PWMU.CO)

MIM 16 Ponpes Karangasem Manasik Haji ‘Internasional’; Liputan Zulfatus Salima, kontributor PWMU.CO Lamongan.

PWMU.CO – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) 16 Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan, Jawa Timur, menggelar manasik haji yang diikuti 366 siswa kelas I-VI dan 41 guru pendamping, Rabu (31/8/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Dusun Padeg, Desa Sumur Gayam, Kecamatan Paciran. Sedangkan pemberangkatan siswa dari halaman MIM 16 gedung selatan yang ada lingkungan Ponpes Karangasem.

Seperti haji yang sebenarnya, manasik haji ini diikuti oleh siswa yang mewakili umat Islam internasional dari berbagai perjuru dunia. Ada dari Jepang,Korea Selatan, Mesir, dan sebagainya. Hal itu tampak dari bendera negara yang dibawanya.

Ustadz Fatih Futhoni MPd yang membuka manasik haji tersebut sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dia berharap acara seperti ini tetap ada di setiap tahunnya.

“Karena ini akan menjadi memori mereka sehingga suatu saat bisa berangkat umrah atau haji bisa ingat, wah aku pernah manasik waktu MIM,” ungkap Kabag Pendidikan Ponpes Karangasem itu.

Hal tersebut senada dengan ungkapan salah satu wali murid kelas II, Abdillah Abqori Alkhori. Dia menyampaikan kegiatan keagamaan ini sangat mendukung pembelajaran, terutama dalam bidang keagamaan.

“Ini adalah bagian dari pembelajaran Rukun Islam kelima selain ada materi, anak-anak juga langsung praktik dan akan mengena atau membekas kepada anak-anak,” ungkap Itmam Khoiri.

Sebelum terlaksananya manasik haji untuk siswa, para guru telah dibekali tata cara melaksanakan manasik haji. Hal tersebut agar guru-guru dapat mendampingi siswa dan lebih memahamkan siswanya.

Kegiatan ini diketuai oleh Ustadz Hafidh SAg. Dia berharap agar kegiatan ini dapat menyenangkan siswa. Sedangkan Ustadzah Ainun Nadhifah SAg sebagai sekertaris, berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Kepala MIM 16 Niayah dalam sambutannya merasa bersyukur dan bangga karna kegiatan ini dapat terlaksana dan diikuti oleh seluruh siswadan guru MIM 16. 

“Semoga keluarga besar  MIM 16 bisa berangkay haji atau umrah,” tutupnya yang dibarengi dengan bacaan amin dari warga MIM 16. (*)