Menjajal Hands-On Preview Tekken 8 – Cocok untuk Casual dan Kompetitif !

Beberapa waktu lalu kami mengunjungi kantor Bandai Namco di Singapura dan pada kesempatan tersebut, kami menjajal Preview Tekken 8.

Menjajal Hands-On Preview Tekken 8 – Cocok untuk Casual dan Kompetitif !

Tekken 8 telah diumumkan beberapa bulan lalu. Sequel game fighting ikonik ini tentunya membuat para fans tidak sabar untuk memainkannya. Tidak hanya pertarungan yang keren saja, namun jalan cerita yang Epic juga menjadi alasan mengapa game ini dinanti.

Beberapa waktu lalu kami mengunjungi kantor Bandai Namco di Singapura dan juga berbincang dengan pencipta serial Tekken yaitu Katsuhiro Harada serta Michael Murray. Pada kesempatan tersebut, kami juga menjajal Preview Tekken 8.

Daftar isi

Menjajal Preview Tekken 8

Pada artikel ini penulis akan membagikan pengalaman ketika mencicipi preview dari game Tekken 8. Perlu diketahui bahwa versi yang dimainkan bukan berupa versi full dan pastinya akan ada beberapa perubahan pada versi full nanti. Berikut adalah pengalaman penulis

Dapat Dinikmati Berbagai Kalangan

Preview Tekken 8
Tampilan Pertarungan yang fresh

Selama ini banyak yang menganggap Tekken merupakan game fighting yang mudah dipahami namun sulit untuk dikuasai. Bahkan kompetitifnya sendiri juga cukup berat sehingga terdapat jarak antara pemain Casual dan Kompetitif.

Dan pada Tekken 8 ini sepertinya jarak itu akan semakin dekat dengan konsep serta beberapa fitur yang ditambahkan. Hal pertama yang dapat membuat game ini bisa dinikmati oleh pemain Casual adalah fitur Controller Style yang sangat newbie friendly.

Dengan mengaktifkan mode tersebut, pemain tidak perlu menekan banyak tombol untuk melakukan kombo. Fitur ini bertujuan untuk para pemain casual serta pemain yang ingin mempelajari gerakan combo karakter yang ada pada game ini.

Dengan adanya fitur tersebut, sepertinya game ini menjadi salah satu game yang dapat dimainkan oleh keluarga ketika waktu kosong. Tidak hanya itu, para pemain yang ingin mempelajari karakter yang ingin mereka mainkan juga dapat menggunakan fitur tersebut untuk melihat bagai mana suatu karakter melakukan gerakan yang sangat keren.

Pengalaman Bermain

Preview Tekken 8
Menjadi Agresif memang tujuan game ini

Kami mencoba versi preview ini selama beberapa waktu. Fitur – fitur yang sebelumnya diumumkan sudah terlihat pada versi ini. Sebelumnya kami telah menjelaskan fitur Controller Style, kali ini kami akan menjelaskan fitur – fitur lainnya.

Fitur Heat yang diperkenalkan membuat permainan benar – benar menjadi Agresif. Fitur ini memiliki 2 cara pengaktifan dan juga 2 cara penggunaan yang cukup mudah dilakukan. Dan ketika Heat aktif, setiap karakter mendapatkan buff atau peningkatan di gerakan tertentu.

Preview Tekken 8
Penggunaan Heat Burst

Cara mengaktifkan Heat yang pertama adalah dengan melakukan Heat Burst. Cara ini dapat dilakukan dengan menekan tombol R1 pada kontroler pemain. Dengan pengaktifan Heat Burst, pemain akan mendapatkan 1 bar Heat yang aktif.

Cara kedua adalah dengan menggunakan gerakan spesifik yang ada pada setiap karakter. Ketika gerakan tersebut mengenai lawan, maka pemain akan langsung masuk kedalam mode Heat dan mendapatkan 2 bar. Cara tersebut disebut Heat Engager.

3 2. Heat Engager 9
Ada animasi ketika menggunakan Heat Engager

Penggunaan Heat juga cukup menarik dimana pemain dapat memilih antara 2 hal, yaitu Heat Smash dan Heat Dash. Karakter akan mendapatkan beberapa tambahan efek jika berada dalam efek Heat.

Heat Dash merupakan salah satu fitur yang cukup menarik dimana pemain dapat bermain secara agresif. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menggunakan Heat Engager ketika Heat aktif dan pemain akan melakukan dash kearah musuh untuk melakukan serangan. Menggunakan Heat Engager akan memakan 1 Bar Heat, jadi jika pemain mendapat 2 bar maka Heat Dash dapat dilakukan sebanyak 2 kali.

Preview Tekken 8
Heat Dash membuat permainan menjadi sangat agresif

Dan yang kedua adalah Heat Smash dimana pemain dapat menekan tombol R1 ketika dalam keadaan Heat dan menghabiskan seluruh bar untuk meluncurkan serangan yang cukup mematikan.

Preview Tekken 8
Recovery menjadi salah satu fitur baru yang menarik

Fitur Recovery yang ada pada Tekken 8 juga membuat permainan menjadi lebih aktif. Pemain yang terkena juggle akan mendapatkan bar putih yang dapat diisi dengan cara menyerang atau melakukan block sehingga darah kembali terisi.

Selama masa bermain kemarin, penulis mencoba seluruh karakter yang dapat dimainkan pada versi preview. Ada 10 karakter yang telah diumumkan saat artikel ini rilis yang dapat dimainkan.

Ada hal yang cukup menarik pada karakter yang menggunakan electric seperti Jin dan Kazuya. Kedua karakter ini mendapat buff ketika berada dalam mode Heat dimana untuk mengaktifkan gerakan eletric mereka masing – masing tidak perlu lagi menggunakan just frame input.

Untuk Lars mungkin penulis sedikit kecewa dimana penulis biasa menggunakan karakter ini untuk bermain. Ada berita baik maupun buruk untuk karakter ini. Baiknya, Lars mendapat Stance baru yaitu Limited Entry yang memberikan karakter ini lebih banyak opsi untuk menyerang.

Sayangnya, gerakan utama yang sering penulis gunakan dalam kombo yaitu Down Forward 2,1 diganti menjadi Down Forward 2 saja. Tentunya Staple combo paling dasar dari karakter ini akan berubah total.

Karakter lainnya yang cukup seru dimainkan adalah Jun Kazama yang selama ini menghilang dari seri Tekken. Jun pada dasarnya di game ini adalah Asuka on Steroid meskipun Asuka memang menggunakan gerakan Jun.

Namun sedikit berbeda dengan Asuka di Tekken 7, Jun menggunakan gerakan – gerakan tambahan yang baru sehingga keduanya terlihat seperti karakter berbeda. Low sweep yang digunakan Jun juga tidak dapat melakukan transisi kombo ke kazama style combo.

Ling Xiaoyu juga merupakan karakter yang cukup kuat pada versi preview ini. Meskipun dirinya tidak memiliki Magic 4, gerakan yang membuat musuh akan terlempar dan membuat dirinya melakukan combo, Xiaoyu masih cukup berbahaya dengan Heat yang ia miliki.

Secara kesuluruhan, versi Preview ini benar – benar cukup seru. Dengan konsep agresif yang ditekankan pada Tekken 8, sepertinya kita sebagai pemain maupun penonton pertandingan akan disuguhkan pertarungan yang penuh aksi dan tidak membosankan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]