Meninggal Dunia di Usia 65 Tahun, Ini Perjalanan Karier Eeng Saptahadi

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan tanah air. Pada Minggu (21/5) malam, aktor senior Eeng Saptahadi meninggal dunia usai mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Primaya, Bekasi, Jawa Barat. Kabar duka itu disampaikan oleh pemerhati film Yan Wijawa di media sosial pribadinya.

Meninggal Dunia di Usia 65 Tahun, Ini Perjalanan Karier Eeng Saptahadi
Meninggal Dunia di Usia 65 Tahun, Ini Perjalanan Karier Eeng Saptahadi Eeng Saptahadi. ©KapanLagi.com

Merdeka.com - Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan tanah air. Pada Minggu (21/5) malam, aktor senior Eeng Saptahadi meninggal dunia usai mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Primaya, Bekasi, Jawa Barat. Kabar duka itu disampaikan oleh pemerhati film Yan Wijawa di media sosial pribadinya.

Diketahui, Eeng mengembuskan napas terakhirnya di usia 65 tahun. Kepergian sang aktor disebabkan karena terpapar Covid-19.

taboola mid article

"RIP Eeng Saptahadi (Indramayu 15/2/1958 - Bekasi 21/5/2023) aktor watak dari IKJ. Debut akting sbg Mas Djarot, suami Mbak Sri (Dewi Yull), dlm sinetron #Losmen (1986 - 1989)." cuit Yan Widjaya di Twitter pribadinya @yan_widjaya pada Senin (22/5)

"Total main 16 film, 5 sinetron dan FTV. (Eeng) Wafat karena terpapar Covid di RS Primaya, Bekasi, Minggu malam," tutupnya.

Sosok Eeng diketahui masih terus eksis hingga akhir hayatnya. Namanya akan terus dikenang sebagai salah satu aktor kebanggaan Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut perjalanan karier Eeng Saptahadi.

2 dari 4 halaman

Awal Karier

4 fakta eeng saptahadi aktor senior yang ikut bintangi sinetron dewi rindu

KapanLagi.com/©2022 Merdeka.com

Eeng Saptahadi merupakan aktor kelahiran 15 Februari 1958 asal Indramayu, Jawa Barat. Pemilik nama lengkap Muhammad Jueri Saptahadi ini mengawali karier di dunia hiburan pada 1983 silam.

Senjata Rahasia Nona adalah film pertama yang dibintangi Eeng. Semenjak kemunculannya di film tersebut, Eeng pun mendapatkan tawaran untuk membintangi berbagai film lainnya, seperti Omong Besar, Sekretaris, Boneka dari India, Joshua Oh Joshua, dan masih banyak film lainnya.

Penginapan Bu Broto

potret aktor eeng saptahadi

©2023 Merdeka.com/Twitter @yan_widjaya

Nama Eeng Saptahadi makin dikenal setelah bermain dalam film Penginapan Bu Broto yang dirilis pada 1987 silam. Saat itu, ia mendapat kesempatan beradu akting dengan Dewi Yull, Mathias Muchus, hingga Ida Leman, dan pemeran andal lainnya. Film tersebut juga merupakan film terfavorit pada masanya. 

3 dari 4 halaman

Nominasi Pemeran Utama

potret aktor eeng saptahadi

©2023 Merdeka.com/Twitter @yan_widjaya

Sejak awal kariernya, Eeng dikenal kerap memerankan karakter antagonis. Pada tahun 1989, Eeng pernah mendapat nominasi sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik di Festival Film Indonesia melalui film bertajuk Semua Sayang Kamu.

Aktif di Sinetron dan FTV Tanah Air 

Tak hanya film saja, Eeng juga aktif dalam bermain sinetron dan FTV. Berbagai sinetron dan FTV yang dimainkannya antara lain Losmen, Warisan, Celana Bulu Jin, Jomblo, dan masih banyak lagi. Kemampuan dalam memainkan karakter pun sudah tak perlu diragukan lagi.

4 dari 4 halaman

Karakter Pak Arsaf

4 fakta eeng saptahadi aktor senior yang ikut bintangi sinetron dewi rindu

KapanLagi.com/©2022 Merdeka.com

Hingga akhir hayat, Eeng Saptahadi masih terus berkarya. Ia diketahui memerankan karakter penting yakni sebagai Pak Asraf dalam sinetron TAKDIR CINTA YANG KUPILIH yang tayang di SCTV. Akun official sinetron tersebut juga menuliskan ucapan duka atas meninggalnya sang aktor senior itu.

"Innalilahi wainnaillaihi Raji’un, turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Mas Eeng Saptahadi," tulisnya.

[frd]