Memasak Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mental Seseorang, Begini Cara Kerjanya

BREAKINGNEWS : Naik turunnya kondisi mental seseorang memang dikarenakan oleh banyak faktor. Tapi, tahukah Anda bahwa salah satu cara menjaga kesehatan mental adalah dengan cara memasak?

Memasak Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mental Seseorang, Begini Cara Kerjanya
image

Tak hanya menjadi rutinitas harian atau hobi, ternyata kegiatan memasak juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental, lho!

Saat Anda sedang merasa jenuh, kadang Anda menjadi kurang produktif ketika bekerja. Dalam kondisi ini, biasanya Anda memilih liburan sebagai jalan keluar untuk mengobati rasa penat yang dialami.

Kendati demikian, ternyata aktivitas memasak yang mudah dilakukan di rumah dan dapat membantu meningkatkan kebahagiaan kita, lho!

Ya, memasak bisa membuat Anda merasa lebih bahagia dan melupakan kepenatan yang dialami. Berikut cara kerja memasak bisa menjaga kesehatan mental. 

1. Mendorong Perkembangan Diri

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Positive Psychology yang dikutip oleh klikdokter.com, menemukan bahwa seseorang yang setiap harinya mengerjakan proyek kecil dan kreatif akan merasa lebih bahagia dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, seseorang tersebut akan merasa lebih berkembang di kehidupan pribadinya.

2. Bisa Tingkatkan Kreativitas

Menurut dr. Valda Garcia dalam klikdokter.com, memasak adalah sebuah seni yang menantang dan dapan meningkatkan kreativitas seseorang. Ketika memasak, Anda akan memadukan berbagai macam bentuk, rasa, dan tekstur dari olahan bahan makanan sehingga menjadi suatu masakan. Kegiatan ini tentunya membuat otak lebih bekerja.

3. Meningkatkan Kesabaran Dalam Diri

Dr. Reni Utari dalam sehatq.com menuturkan bahwa semudah apapun atau sesulit apapun proses memasak yang kita kerjakan, semuanya membutuhkan proses dari mengolah bahan yang masih mentah hingga menjadi sebuah hidangan yang layak dikonsumsi. Kegiatan ini bisa melatih kesabaran kita dalam melewati proses kehidupan seseorang.

4. Mencegah Stres

Salah satu tujuan dari kegiatan memasak adalah membuat hidangan yang lebih bergizi dan sehat daripada makanan instan di pasaran. Oleh karena itu, memasak bisa meningkatkan ketahanan tubuh terhadap stres, depresi sampai gangguan kecemasan.

Mengutip dari sebuah penelitian dalam jurnal American Public Health Association dalam sehatq.com, menyatakan bahwa makanan atau hidangan yang tidak sehat cenderung menjadi penyebab kesehatan mental yang lebih buruk pada anak dan remaja.

5. Melatih Bersosialisasi

Ternyata kegiatan ini juga dapat Anda jadikan sarana untuk bersosialisasi dengan orang banyak. dr. Merry Dame Cristy Pane melalui alodokter.com menyarankan, Anda bisa lakukan kegiatan ini dengan banyak cara, contohnya dengan cara mengundang keluarga dan tetangga untuk mencoba resep yang baru Anda coba atau mengikuti kelas belajar memasak.

Melakukan kegiatan atau pendekatan sosial terhadal sekitar dikaitkan dengan penurunan tingkat stres, menambah rasa bahagia, serta terjaganya sistem kekebalan tubuh.

Demikian cara kerja memasak yang bisa menjaga kesehatan mental Anda. Jangan lupa untuk terus memasak, ya!