Mau Liburan Keluarga tapi Bujet Tetap Aman? Pakar Keuangan Kasih Tipsnya Nih

Bunda dan keluarga sudah berencana liburan akhir tahun ini? Simak dulu nih, tips dari pakar keuangan supaya anak-anak senang dan kantong tetap aman.

Mau Liburan Keluarga tapi Bujet Tetap Aman? Pakar Keuangan Kasih Tipsnya Nih
image
Jakarta -

#HaiBunda Tak terasa ya, liburan sekolah sudah di depan mata. Bunda dan keluarga berencana ke mana akhir tahun ini? Sebelum memutuskan liburan keluarga, simak tips pakar keuangan dulu ya.

Dikatakan Financial Planner Finante.id, Tommy Hilman, M.T., CFP®, ada beberapa hal yang perlu Bunda pertimbangkan sebelum memutuskan liburan. Yang terpenting adalah mengecek kesehatan keuangan keluarga.

"Lakukan review kondisi keuangan dengan mengecek kesehatan keuangan secara berkala. Apakah kondisi keuangan keluarga sehat atau belum sehat?" ujar Tommy kepada HaiBunda.


Selanjutnya, Bunda juga perlu mengecek fondasi keuangan yakni arus kas bulanan positif, dana darurat mulai terkumpul, cicilan atau utang dikelola dengan benar dengan batas maksimal 35 persen dari pendapatan bulanan, dan asuransi kesehatan atau jiwa.

Selain itu, Tommy juga menyarankan Bunda cek dana liburan yang sudah terkumpul. Pastikan dana tersebut cukup untuk membayarkan semua kebutuhan keluarga selama liburan. Setelah semua aman, Bunda dan keluarga tentu bisa liburan sesuai rencana.

"Jika belum siap, lebih baik menunda dan mempersiapkan kembali rencana liburan keluarga," begitu saran Tommy.

Ternyata, banyak juga Bunda yang masih bingung, kapan waktu tepat mempersiapkan bujet liburan keluarga? Sebenarnya aman enggak ya, kalau liburan dadakan? Jawabannya dilihat dari kondisi keuangan keluarga masing-masing, Bunda.

Dijelaskan Tommy, berikut 5 hal utama yang perlu Bunda lakukan untuk merencanakan liburan keluarga:

1. Tentukan destinasi atau tujuan liburan
2. Susun rencana perjalanan atau itinerary
3. Buat anggaran liburan
4. Cek dana liburan yang dimiliki atau disiapkan
5. Hitung dana liburan yang dibutuhkan

Nah, pertanyaan selanjutnya, bagaimana tips mencegah liburan keluarga tetiba over budget? Salah satu tips yang disarankan Tommy yakni liburan saat low season atau bukan musim liburan. Lalu, bagaimana kalau tetap mau liburan saat peak season?

Bunda konsultasi langsung yuk, ke pakar keuangan Tommy Hilman, M.T., CFP®, dalam HaiBunda Live Instagram @haibundacom pada Selasa, 13 Desember 2022, mulai pukul 16.30 WIB. Selain itu, Jurnalis detikTravel, Bonauli, akan sharing tips juga lho!

Dengan tema Tips Liburan: Keluarga Senang, Kantong Aman, acara ini akan dipandu Editor HaiBunda, Prita Daneswari. Bunda siapkan pertanyaan ya, supaya bujet liburan akhir tahun tetap aman.

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)