MAU JALAN-JALAN TANPA TOUR GUIDE? PAKAI CHAT GPT UNTUK REKOMENDASI ITINERARY PERJALANANMU

Teknostyle - Jalan-jalan merupakan kegiatan dimana kita pergi ke suatu tempat baik untuk sekedar refreshing atau berkumpul bersama keluarga dan

MAU JALAN-JALAN TANPA TOUR GUIDE? PAKAI CHAT GPT UNTUK REKOMENDASI ITINERARY PERJALANANMU

Teknostyle – Jalan-jalan merupakan kegiatan dimana kita pergi ke suatu tempat baik untuk sekedar refreshing atau berkumpul bersama keluarga dan teman. Biasanya jika kalian tidak ingin repot, ada jasa tour guide dimana mereka yang akan membuat rencana perjalanan kamu. Namun tidak sedikit juga orang-orang lebih memilih untuk merencanakannya sendiri meskipun untuk membuat rencana perjalanan harus dibuat sematang mungkin sehingga harus dibuat jauh hari sebelum bepergian. Bagi kamu yang suka jalan-jalan tanpa tour guide, kamu bisa memanfaatkan AI (Artificial Intelligence) untuk membantu merencanakan itinerary perjalanan kamu.

Source: openai.com

Nama website ini adalah Chat GPT oleh OpenAI. Chat GPT merupakan sebuah chat yang dapat kamu gunakan untuk bertanya apapun. Dalam hal ini, kamu dapat meminta AI untuk merencanakan itinerary perjalanan kamu, sehingga bisa digunakan untuk rekomendasi tempat yang ingin kamu kunjungi. Untuk menggunakan Chat GPT juga sangat mudah, yaitu sebagai berikut.

Pertama kamu buka Google dan cari “Chat GPT” dan nantinya akan tampil sebuah website bernama openai.com dan kemudian buka website tersebut. Kemudian kamu akan diminta untuk login atau signup terlebih dahulu. Jika kamu memilih signup, ada beberapa step lagi seperti verifikasi email dan nomor telepon, mengisi nama dan tanggal lahir, dan terakhir kamu dapat segera memulai untuk menggunakan Chat GPT.

Source: openai.com

Pada layar akan tampak seperti tempat chatting (dimana dalam hal ini kita berkirim pesan dengan AI). Kamu akan diberikan sebuah contoh pertanyaan apa yang bisa kamu tanyakan. Chat GPT juga dapat mengingat apa pesan yang kamu kirim sebelumnya loh! Perlu diingat bahwa AI dalam Chat GPT tidak dapat menjawab pertanyaan yang tidak senonoh.

Source: openai.com

Dalam bar di bawah bertuliskan “send message” kamu dapat mengetik hal yang ingin kamu tanyakan. Sebagai contoh jika kamu ingin merencanakan perjalanan ke Yogyakarta, kamu tinggal kirim pesan “Yogyakarya Trip Itinerary”. Chat GPT langsung menampilkan rencana tempat yang dapat kamu kunjungi di Yogyakarta selama 6 hari. Jika ingin memilih berapa hari perjalanan, kamu tinggal mengetik “3 Days Yogyakarta Trip Itinerary” dan akan ditampilkan rencana perjalanan selama 3 hari. Tidak sampai disitu, kamu juga dapat meminta rencana perjalanan dengan low budget! Keren banget kan? Kamu tinggal ketik “Yogyakarta Trip Itinerary with budget” dan akan ditampilkan rencana perjalanan dengan budget rendah.

Itulah website AI bernama Chat GPT yang cocok untuk kamu yang ingin melihat rekomendasi per hari untuk pergi jalan-jalan. Selamat mencoba dan selamat jalan-jalan!