Mau berlibur ke luar negeri, perhatikan 5 hal berikut

Jakarta (ANTARA) — Traveling memang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk mengisi waktu luang dan menyegarkan pikiran dari kesibukan sehari-hari. ...

Mau berlibur ke luar negeri, perhatikan 5 hal berikut
image
Jakarta (ANTARA) — Traveling memang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk mengisi waktu luang dan menyegarkan pikiran dari kesibukan sehari-hari. Dapat mengunjungi negara yang selama ini hanya bisa dilihat melalui konten media sosial adalah sebuah mimpi yang menjadi nyata.

Bagi Anda yang sudah pernah melakukan traveling ke berbagai tempat di dalam negeri, pasti mengetahui bahwa traveling dalam negeri tidak membutuhkan perlengkapan yang banyak serta rumit. Berbeda apabila Anda ingin melakukan traveling ke luar negeri, karena ada berbagai perlengkapan yang harus Anda siapkan untuk bisa traveling ke luar negeri.

Salah satu hal yang wajib dipersiapkan sebelum liburan ke luar negeri yaitu dengan memesan hotel terbaik melalui Traveloka Travel Fair 2023. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai tips dalam melakukan traveling ke luar negeri.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Liburan ke Luar Negeri:

1.Persiapkan Dokumen dengan Lengkap

Tips pertama ketika Anda traveling adalah dengan membawa dokumen atau tanda pengenal untuk mendukung perjalanan Anda. Jika Anda traveling ke luar negeri, Anda tentu harus menyiapkan beberapa dokumen tambahan, seperti paspor, visa, dan SIM apabila diperlukan.

Ketiga dokumen ini sangatlah penting untuk memudahkan aktivitas Anda sebagai turis di luar negeri, baik untuk menetap hingga untuk berbelanja. Ada baiknya juga jika Anda memiliki berkas cadangan di ponsel Anda yang berisi dokumen penting tersebut untuk memudahkan Anda jika dokumen asli hilang.

2.Hindari Memesan Tiket Dekat dengan Waktu Keberangkatan

Setelah memastikan dokumen penting sudah lengkap, tahap selanjutnya adalah memesan tiket pesawat dan akomodasi. Di beberapa tempat, pihak imigrasi bandara terkadang menanyakan terkait tempat penginapan, maka dari itu tentukan tempat penginapan Anda sebaik mungkin. Selain itu, Anda juga tidak perlu takut akan kehabisan tiket jika Anda memesannya dari jauh-jauh hari.

Dengan memesan tiket jauh dari sebelum hari keberangkatan, Anda juga dapat menemukan harga yang lebih murah atau bahkan mendapatkan promo tiket pesawat dan hotel.

3.Buat Daftar Itinerary

Ketika Anda akan traveling, tentu Anda sudah harus memiliki daftar destinasi wisata atau tempat-tempat yang akan Anda kunjungi. Anda dapat menemukan berbagai informasi mengenai tempat yang ingin Anda tuju melalui internet.

Mulai dari harga tiket masuk, pilihan transportasi, hingga jarak tempuh dari hotel yang Anda tempati. Dengan adanya daftar itinerary ini akan sangat memudahkan Anda dan bisa menghemat waktu perjalanan serta bisa lebih merasakan sensasi traveling di tempat impian Anda tanpa perlu bingung memikirkan harus kemana setelahnya.

Daftar itinerary juga dapat memudahkan Anda mengontrol pengeluaran biaya selama traveling. Salah satu destinasi wisata luar negeri yang dekat dengan Indonesia yaitu Malaysia.

4.Siapkan Alat Pembayaran yang Berlaku

Kebanyakan negara lain memang memiliki alat pembayaran dan mata uang yang berbeda dengan Indonesia, akan tetapi ada negara seperti Malaysia yang memberlakukan rupiah sebagai alat pembayaran.

Penting bagi Anda selama traveling untuk menyiapkan alat pembayaran yang mudah dan berlaku di negara yang Anda tuju, seperti uang tunai ataupun kartu kredit dan metode pembayaran non-tunai lainnya. Anda dapat menukarkan uang tunai melalui bank yang menerima layanan penukaran uang asing.

5.Pahami Akses Internet di Negara Tujuan

Selain untuk update di media sosial, saat ini zaman semua layanan di seluruh dunia sudah menggunakan internet dari mulai pemesanan tiket hingga metode pembayaran non-tunai dengan menggunakan internet.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar mendapatkan akses internet saat di luar negeri, yaitu dengan membeli layanan roaming di luar negeri dengan kartu SIM lokal, menggunakan wifi portable, atau dengan membeli kartu SIM di negara yang Anda tuju.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2023