Masjid Terapung Palu yang Kokoh Diterjang Tsunami Kini Jadi Obyek Wisata

Masjid Arkam Babu Rahman atau yang lebih dikenal sebagai Masjid Terapung adalah saksi bencana gempa dan tsunami Palu pada 2018.

Masjid Terapung Palu yang Kokoh Diterjang Tsunami Kini Jadi Obyek Wisata
image

KOMPAS.com - Masjid Terapung atau Masjid Arkam Babu Rahman di Kampung Lere, Teluk Palu, Palu, Sulawesi Selatan kini menjadi salah satu pilihan destinasi wisata warga sekitar.

Termasuk menjadi tempat untuk menghabiskan waktu jelang berbuka.

Adapun masjid ini menjadi saksi bencana gempa, tsunami, dan likuifasi di Palu pada 2018 lalu, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam di Palu, Pantai sampai Sumur Raksasa

Meski diterjang tsunami, masjjd tersebut masih berdiri kokoh. Walaupun, kini sudah tidak dimanfaatkan lagi sebagai rumah ibadah 

"Pertama kalinya ini saya datang ke sini, karena mau melihat langsung lokasi di sini khususnya masjid terapung. Biasanya saya hanya bisa lihat di televisi," kata Rizky, warga dari Kabupaten Poso, seperti dikutip dari Antara.

Beberapa warga juga tampak duduk-duduk santai di sepanjang bebatuan pinggir Pantai Teluk Palu, termasuk berfoto dengan latar belakang masjid terapung.

Angel (24), warga Palu, mengaku suka dengan pemandangan di sekitar Pantai Teluk Palu. Sebelum diterjang bencana tsunami, kata dia, kawasan tersebut selalu ramai pengunjung.

"Saya suka jalan-jalan di sini sambil menunggu waktu berbuka, suasananya bagus. Dulu ada jalan raya di sini, tapi sekarang sudah tidak ada," katanya.

Baca juga: 6 Oleh-oleh Populer Khas Palu, Ada Kerajinan Kayu Hitam

Ia berharap, kawasan tersebut dapat dikembangkan oleh pemerintah daerah sebagai salah satu destinasi wisata.

Tak dilakukan renovasi

Pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata berencana menata kawasan sekitar Masjid Terapung sehingga lebih nyaman untuk aktivitas masyarakat.