Liburan Bersama Teman, Jangan Abaikan Hal-Hal Penting Ini!

PortalMadura.Com - Menurut Anda, mana yang lebih menyenangkan antara liburan sendiri atau bersama teman? Sebagian orang memilih liburan bersama teman karena lebih seru. Selain itu, liburan bersama...

Liburan Bersama Teman, Jangan Abaikan Hal-Hal Penting Ini!

PortalMadura.Com – Menurut Anda, mana yang lebih menyenangkan antara liburan sendiri atau bersama teman? Sebagian orang memilih liburan bersama teman karena lebih seru. Selain itu, liburan bersama teman juga berarti bisa berbagi pengeluaran tertentu seperti biaya akomodasi. Alasan lain, bepergian dengan orang lain dapat membuat seseorang merasa lebih aman dan tenang.

Jika Anda tipe orang yang lebih memilih liburan bersama teman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu hal yang paling utama adalah pengeluaran dalam perjalanan wisata. Apabila Anda dan teman sepakat ingin hemat dengan harga promo, mencari tiket pesawat Air Asia di Traveloka misalnya adalah langkah yang wajib dilakukan.

Untuk mengetahui lebih jauh hal-hal apa saja yang tidak boleh diabaikan selama liburan bersama teman, simak ulasan berikut ini!

1.     Komunikasi Harus Lancar

Anda dan teman harus membangun komunikasi yang baik sejak mulai mempersiapkan liburan. Sediakan waktu untuk berdiskusi mengenai itinerary perjalanan, baik dengan bertemu langsung atau lewat jalur online. Komunikasi yang baik merupakan kunci dalam mewujudkan liburan yang menyenangkan.

Bukan hanya saat masa persiapan, ketika dalam perjalanan liburan pun komunikasi sangat penting. Pasalnya, kondisi yang tidak pasti membuat ada saja perubahan dalam rencana perjalanan. Cara berkomunikasi pun harus dijaga supaya lawan bicara bisa menerima pesan yang disampaikan dengan baik.

Intinya adalah memastikan teman juga mengetahui semua hal yang terkait dengan perjalanan bersama itu. Mulai dari biaya yang harus dikeluarkan hingga jadwal yang akan dijalankan. Sebisa mungkin, libatkan teman dalam mengambil keputusan sehingga kesepakatan mudah dicapai.

2.     Berbagi Biaya Liburan

Jika Anda liburan bersama teman, kadang-kadang Anda harus membayar sesuatu atau mengeluarkan uang untuk biaya tertentu secara bersama-sama. Biaya akomodasi misalnya, karena kamar hotel bisa ditempati oleh dua orang, Anda dan teman bisa membagi nominalnya secara adil.

Dalam perjalanan, Anda atau teman mungkin harus mengeluarkan uang sendiri terlebih dahulu supaya lebih praktis, misalnya saat membeli makan. Tidak perlu khawatir, simpanlah notanya dengan baik. Ketika sudah tiba di penginapan, Anda dan teman bisa menghitung pengeluaran tersebut dan membayar sesuai yang telah digunakan.

Akan lebih baik lagi jika Anda dan teman telah melakukan persiapan lebih awal dengan membayar penginapan sebelum berangkat. Begitu juga hal-hal lain yang bisa dibeli sebelum berangkat. Kuncinya, jangan sampai lupa membayar kewajiban. Tidak ada salahnya juga mengingatkan teman bila belum membayar biaya bersama.

3.     Harus Lebih Fleksibel

Bepergian bersama teman tentu berbeda dengan saat bepergian sendiri. Saat liburan bersama teman, Anda harus lebih fleksibel dan bisa memahami keinginan orang lain. Anda tidak bisa memaksakan keinginan sendiri, misalnya mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi. Berdiskusilah dengan kepala dingin untuk menentukan pilihan yang terbaik.

Membuat itinerary yang jelas dan detail sejak awal merupakan langkah yang efektif untuk menghindari masalah saat liburan dengan teman. Namun, jika terjadi hal-hal yang tidak terduga saat dalam perjalanan liburan, Anda dan teman harus bisa saling memahami. Selesaikan masalah yang terjadi tanpa perlu berdebat.

Walaupun bersifat fleksibel, jangan sampai ada salah satu di antaranya yang membatalkan rencana secara sepihak. Karena alasan yang tidak bisa diterima misalnya, Anda tiba-tiba ingin mengunjungi tempat lain yang tidak ada dalam daftar itinerary. Keputusan ini pasti membuat teman merasa tidak siap sehingga wajar jika menolaknya.

4.     Miliki Waktu Pribadi

Bepergian bersama teman bukan berarti Anda harus bersama setiap saat. Ada baiknya juga Anda dan teman menentukan waktu untuk dinikmati secara pribadi. Waktu tersebut bisa digunakan untuk beristirahat, menelepon keluarga, atau melakukan hobi.

Ada juga yang ingin mengeksplorasi tempat wisata tertentu yang tidak begitu menarik bagi teman seperjalanan. Hal tersebut sah-sah saja dilakukan asalkan berdasarkan kesepakatan bersama. Ajaklah teman untuk berdiskusi dan tetaplah saling memberi kabar supaya tidak menimbulkan miskomunikasi.

5.     Berbagi Tanggung Jawab

Bukan hanya bersenang-senang, saat liburan juga ada tanggung jawab yang harus dilakukan. Contohnya, menjaga tas atau barang bawaan di bandara ketika teman sedang beristirahat, memesan kendaraan yang akan digunakan, dan berbagai tugas-tugas lain yang mungkin harus dilakukan saat liburan.

Dalam hal ini, Anda dan teman harus bisa saling berbagi dan menolong. Apabila teman merasa kesulitan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membantu. Namun, setiap orang harus bisa melakukan tanggung jawabnya agar perjalanan itu lancar. Sebaiknya bicarakanlah hal tersebut sebelum berangkat liburan.

Memperhatikan rambu-rambu ini saat liburan bersama teman akan membuat perjalanan Anda lebih lancar dan menyenangkan. Anda pun bisa merancang liburan berikutnya tanpa perlu merasa ragu lagi. Yuk, ajak teman terdekat untuk liburan bersama dan nikmati keseruannya sekarang juga.(*)

Liburan