Konten Minta Wanita Tutup Aurat Viral Dihujat, YouTuber Zavilda: Ini Teguran

Youtuber bercadar Zavilda meminta maaf karena mengunggah video viral sosial eksperimen meminta wanita untuk menutup aurat. Ini ungkapan penyesalannya.

Konten Minta Wanita Tutup Aurat Viral Dihujat, YouTuber Zavilda: Ini Teguran
Lombok -

Youtuber dan konten kreator Zavilda sedang menjadi perbincangan di media sosial. Wanita yang akrab disapa Vilda ini jadi sorotan usai membuat konten meminta seorang wanita untuk memakai hijab saat berada di tempat umum. Konten itu ia bagikan lewat akun Youtubenya Zavilda TV.

Zavilda mempunyai lebih dari 24,7 ribu pengikut di Instagram dan 211 ribu subscribers di Youtube. Konten Youtubenya kerap menampilkan video sosial eksperimen tentang Islam. Rata-rata dia mengajak wanita untuk hijrah, menutup auratnya.

Salah satu video Zavila yang viral diunggah ulang oleh akun Twitter @littlevixen__. Video yang viral dikritik netizen itu dianggap memaksakan wanita untuk menutup aurat.

Dalam video yang viral dan diunggah ulang oleh akun Twitter @littlevixen__ memperlihatkan Zavila yang memakai cadar menghampiri seorang wanita yang sedang duduk seorang diri di pusat keramaian Jalan Malioboro, Yogyakarta. Kemudian Zavilda yang memakai gamis, niqab dan kaca mata hitam menghampiri wanita tersebut.

Video unggahannya yang viral menuai kritik kini sudah tidak ada di Youtube Zavilda. Namun, potongan video tersebut sudah menyebar luas. Salah satunya diunggah ulang oleh akun Twitter @littlevixen__. Kisah viralnya KLIK DI SINI.

Youtuber yang kerap disapa Vilda ini menerima berbagai komentar dari warganet di media sosial terkait aksinya melakukan sosial eksperimen meminta wanita menutupi aurat. Lewat akun Instagramnya @vilda_emon, Vilda memberikan klarifikasinya. Dia menegaskan sudah meminta izin terlebih dahulu kepada wanita yang ada di video viral dan sudah sepakat untuk tayang di Youtube.

"Di sini saya tidak mempermasalahkan kalian menghujat, menegur, & menasehati. Saya terima dengan baik selama kata-katanya bisa dibaca dengan baik. Hujatan kasar sampai kata anj, Kon.. bngs..dsb saya terima dengan baik, terima kasih semuanya hanya saja di sini apa saya jugak boleh bersuara? Para media atau akun-akun yang lagi cari bahan agar postingannya rame saya persilahkan gapapa, cumak mohon tolong captionnya sangat jelas sekali mengundang netizen berkomentar buruk padahal bukan faktanya," tulisnya pada Sabtu (27/8/2022).

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Vilda R, Youtuber yang menuai kritik karena membuat video sosial eksperimen meminta seorang wanita untuk menutup aurat di tempat umum. Vilda mengaku terkejut ketika unggahannya menyebar luas di media sosial.

"Reaksinya pasti kaget, kagetnya bukan kaget bahagia, shock aja karena bukan ini yang saya inginkan. Mungkin kalau kebanyakan creator mereka sengaja mencari masalah untuk viral tapi kejadian yang saya alami benar-benar bukan kemauan saya," ungkap Vilda kepada Wolipop lewat WhatsApp, Senin (29/8/2022).

Vilda lahir di Jawa Timur, namun saat ini ia sedang menetap di Lombok, NTB. Ia kemudian menceritakan unggahannya yang viral dan menuai kritik.

"Video yang disebarluaskan adalah potongan-potongan video yang bagian kata sensitif nya saja bukan full video dari content dengan caption yang bukan menyatakan kejadian sebenarnya," kata Vilda.

Wanita yang berusia 21 tahun ini menegaskan sudah meminta izin kepada wanita yang ada di video unggahannya tersebut.

"Tapi saya tahu itu bahan mereka untuk meramaikan komentar netizen, nggak papa. Tapi fakta kebenarannya video dibuat atas izin, posting atas izin, dan memang nggak ada pemaksaan sama sekali. Justru kita tidak pernah memaksa kepada target video yang memang tidak mau, justru kebanyakan dari mereka yang mengajukan masalahnya untuk di speak up di publik melalui content saya nanti saya kasih sedikit bukti," tutur Vilda.

Foto Zavilda, Youtuber viral usai membuat video sosial eksperimen tuai kritik dari warganet.Foto Zavilda, Youtuber viral usai membuat video sosial eksperimen tuai kritik dari warganet. Foto: Dok. Instagram @ezagiopotret.

Dampak Setelah Viral dan Tuai Kritik

Vilda juga mengungkapkan dampak yang terjadi setelah namanya viral dan menjadi perbincangan di media sosial. Tidak mengungkapkan secara detail, Vilda menganggap hujatan dan kritikan dari netizen sebagai teguran untuknya.

"(dampaknya) pasti ada, mungkin memang salah satu teguran untuk kita untuk memperbaiki ke depannya. Allah kasih ujian ini ke kita berarti memang Allah percaya saya mampu melewatinya, tapi karena bukan ini yang saya inginkan pastinya saya syok berat," ujar Vilda.

Wanita bercadar ini juga menegaskantak menduga kontennya menuai kritik dan tak ingin sengaja viral. "Saya bukan creator seperti yang lain yang memang dengan sengaja mencari viral begini, ini memang di luar batas keinginan saya. Saya sedih bahkan menangisi kejadian ini," ucapnya sedih.

Lalu bagaimana cerita Vilda memilih untuk menjadi seorang Youtuber? Klik halaman selanjutnya ya!