Khawatir Harga BBM Naik? Ini 7 Mobil Bekas Di Bawah Rp 100 Juta Paling Irit

BREAKINGNEWS : Jual beli mobil bekas jauh lebih tinggi akibat semakin banyak mobil baru yang mengalami inden lama.

Khawatir Harga BBM Naik? Ini 7 Mobil Bekas Di Bawah Rp 100 Juta Paling Irit
Ilustrasi bursa mobil bekas (Sumber: Gridoto.com)

Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Jual beli mobil bekas jauh lebih tinggi akibat semakin banyak mobil baru yang mengalami inden lama. Salah satu keuntungan membeli mobil bekas tentunya harganya yang jauh lebih rendah dibandingkan model terbaru, dan banyaknya model yang bisa dipilih.

Bagi Anda yang menginginkan model dengan konsumen BBM yang irit, berikut beberapa alternatif pilihannya.

1. Daihatsu Ayla

Sebagai pembuka dari model paling irit yang ada di pasar otomotif Indonesia adalah mobil kompak yang ditujukan untuk perjalanan perkotaan. Pengguna Ayla bisa mendapatkan konsumsi BBM rata-rata 19,5 km/liter. Meski harga barunya terjangkau, Ayla bekas pun tambah terjangkau. Misalnya saja model keluaran di atas tahun 2018 bisa didapatkan dengan harga Rp80-jutaan.

image
Ilustrasi mobil Ayla (Sumber: Dok. Cintamobil.com)

Dimensinya yang compact membuat Ayla mudah dikendarai di perkotaan yang dinamis. Ruang kaki pun cukup baik untuk sekelas mobil dengan dimensi panjang 3,6 meter. Bagasinya terasa lega untuk sekelas city car. Interiornya pun cukup nyaman dengan rangkaian fitur hiburan sebagai teman perjalanan.

Hanya saja untuk tipe terendah, beberapa fitur tak bisa ditemukan. Perbedaan harga cukup tinggi, sebesar Rp15 juta hingga Rp20 juta. Tapi Anda bisa mendapatkan kelengkapan fitur yang lebih baik. Meski keseluruhan model masih terbatasi oleh kualitas interior yang masih terasa ‘rapuh’.

2. Datsun Go

Memang populasinya di pasaran tak sebanyak model lainnya di daftar ini. Padahal dibandingkan model lain di persaingan city car, Datsun Go dikenal memiliki konsumsi BBM yang tergolong irit, dengan catatan 20,6 km/liter. Harganya pun terjangkau, dengan banderol Rp80 jutaan untuk model keluaran tahun 2017.

image
Ilustrasi mobil Datsun Go (Sumber: Dok. Cintamobil.com)

Keunggulan Datsun Go terlihat dari sistem transmisi yang digunakan. Selain tersedia dalam transmisi manual 5-percepatan, mobil ini memiliki transmisi CVT yang menawarkan perpindahan yang halus. Dimensinya yang kompak tentunya menghadirkan rasa berkendara yang dinamis ketika di bawah di jalanan dalam kota.

Tapi tak sedikit yang menyayangkan bagaimana mobil ini memiliki ruang kabin dan bagasi yang sempit. Kualitas interior pun masih dipenuhi material plastik, sehingga tak terlalu kedap suara dan mudah mengalami kebocoran suara bising dari jalanan.

3. Honda Brio

Honda Brio menjelma sebagai salah satu model terlaris di masa pandemi selain karena harga yang terjangkau, tapi juga budget rendah untuk bahan bakar. Bahkan diantara model lainnya di daftar ini, Brio mampu mencatatkan konsumsi BBM paling irit. Untuk rata-rata perjalanan perkotaan, pengguna Brio bahkan bisa mendapatkan konsumei 30,1 km/liter.

image
Ilustrasi mobil Honda Brio (Sumber: Dok. Cintamobil.com)

Desainnya stylish dan spare part yang mudah ditemui membuat popularitas mobil ini semakin tinggi. Ruang kaki di belakang terasa lega mengingat

Honda sudah menghadirkan konsep konfigurasi Ultra Seat. Ada dua pilihan mesin yang ditawarkan, yaitu mesin 1.0 liter dan 1.2 liter. Tapi mesin 1.0 liter 3-silinder menghadirkan konsumsi BBM yang lebih irit dibandingkan mesin 1.2 liter 4-silinder.

Hanya saja model dengan budget di bawah Rp100-jutaan sebagian besar berusia di atas 5 tahun. Misalnya saja Brio bekas tahun 2016 dibanderol dengan harga Rp95-jutaan.

Hanya saja, patut dipertimbangkan bahkan Brio Satya yang dibanderol lebih rendah memiliki fitur yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan tipe tertinggi, Brio RS.

4. Honda Mobilio

Model lainnya dari Honda yang masuk ke dalam daftar ini adalah Low MPV Honda Mobilio. Meski tak bisa mengalahkan Brio, tapi Mobilio mencatatkan konsumsi BBM 22 km/liter.

Cukup mengesankan mengingat mobil ini ditawarkan sebagai mobil keluarga berkonfigurasi 7-seater dengan harga yang terjangkau. Model awal Mobilio bisa didapatkan mulai dari Rp95 juta hingga Rp100-jutaan.

image
Ilustrasi mobil Honda Mobilio (Sumber: Dok. Cintamobil.com)