Kerja 3 Bulan Dipecat, Sekarang Raja Film & Orang Terkaya RI

Ada beberapa nama baru di dalam dafatr orang terkaya Forbes 2022

Kerja 3 Bulan Dipecat, Sekarang Raja Film & Orang Terkaya RI
image

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada beberapa nama baru di dalam dafatr orang terkaya Forbes 2022. Salah satu nama baru itu adalah Manoj Punjabi, yang mejeng di No. 43 dengan kekayaan bersih US$1,05 miliar setara Rp 16,43 triliun dari MD Pictures.

Berdasarkan data Forbes, pria berdarah India ini sukses menduduki peringkat ke-43 di tangga 50 orang terkaya di Indonesia berkat saham MD Pictures yang melompat nyaris empat kali lipat dalam setahun terakhir. Ditambah lagi, dengan masyarakat berbondong-bondong pergi ke bioskop untuk menonton film setelah penutupan bioskop selama lebih dari tahun akibat pandemi Covid-19.

Pada kuartal III 2022, MD Pictures membukukan pendapatan lebih dari dua kali lipat menjadi US$24 juta atau setara Rp382 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Punjabi tercatat memegang saham mayoritas di MD Pictures melalui perusahaan induknya, yakni MD Global Investments. MD melantai di bursa saham pada 2018 lalu.

Manoj Punjabi lahir pada 7 Desember 1972 di Jakarta. Ia sempat menempuh pendidikan di Gandhi Memorial School di Jakarta. Setelah lulus, ia memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikannya di bidang perfilman. Namun, hal itu ditentang oleh keluarganya karena alasan karier dan kondisi perfilman Indonesia yang sedang tidak baik-baik saja.

Sempat ditentang, Manoj pun bekerja di sebuah industri pulp and paper. Namun ia hanya bertahan 3 bulan di sana dan dipecat di kemudian hari.

Mengawali kariernya di dunia sinema, Manoj menduduki jabatan sebagai produser pelaksana di rumah produksi Multivision Plus milik pamannya, Ram Punjabi dan Gobind Punjabi. Ayahnya, Dhamoo Punjabi juga menjabat sebagai produser eksekutif di perusahaan tersebut.

Pada tahun 2001, Manoj dan ayahnya memutuskan mundur dari Multivision Plus karena perbedaan visi dan misi. Ia kemudian mendirikan MD Entertainment pada 6 Maret 2003 bersama ayahnya.

Nama MD sendiri terinspirasi dari kedua pendirinya, Manoj dan Dhamoo. Salah satu sinetron yang berhasil dari tangan dinginnya adalah Cinta Fitri. Sinetron ini membawa MD mencapai raihan penghargaan ternama seperti Panasonic Awards, SCTV Awards, Indonesian Movie Awards, Yahoo OMG Awards dan lainnya. Penghargaan tersebut diraih Manoj hanya dalam kurun waktu 10 tahun saja.

Ekspansi ke perfilman, Manoj kemudian mendirikan PT Multi Dimensia Corpora (MD Corporation) yang kemudian membawahi MD Entertainment yang berfokus di hiburan televisi, MD Pictures yang berfokus pada layar lebar, MD Music serta MD Animation.

Dengan semangat pengembangan industri perfilman Indonesia, Manoj memproduseri berbagai judul film Indonesia ternama yang sukses menjadi film-film berkualitas dan menghasilkan jumlah penonton yang tinggi. Adapun beberapa judul film yang sukses digarap oleh Manoj antara lain Ayat-Ayat Cinta, Habibie & Ainun, Surga yang Tak Dirindukan, Rudy Habibie, Danur: I Can See Ghosts, hingga KKN di Desa Penari.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Deretan Pengusaha Muslim Terkaya di Bumi, Duitnya Gak Berseri


(tep/ayh)