Kereta Api Argo Bromo Anggrek: Sejarah, Rute, Kapasitas dan Harga Tiket : Okezone Travel

Kereta apinbspmenjadi salah satu pilihan tepat ketika berpergian jarak jauh - Info Wisata - okezone travel

Kereta Api Argo Bromo Anggrek: Sejarah, Rute, Kapasitas dan Harga Tiket : Okezone Travel

KERETA API (KA) menjadi salah satu pilihan tepat ketika berpergian jarak jauh dengan biaya relatif murah. Bahkan tak perlu heran ketika menjelang lebaran dan libur nasional, tiket KA selalu diincar dan kerap habis.

Seperti KA Argo Bromo Anggrek, rute Surabaya, dengan layanan kelas eksekutif dan luxury, dengan jarak tempuh sejauh 720 km dalam waktu sekitar 8 jam 10 menit.

Sejarah

Pertama kali kereta api berkelajuan tinggi beroperasi pada 31 Juli 1995, yang diluncurkan pada kereta api JS950 Argo Bromo, diresmikan oleh Presiden Soeharto pada saat itu.

Hingga akhirnya pada 24 September 1997 diluncurkan KA Argo Bromo Anggrek, dengan rangkaian kereta yang dilengkapi bogie CL243 bolsterless (K9).

Bogie yang dikembangkan bersama Alstom menggunakan suspensi udara sehingga dapat melaju hingga 120 km/jam tanpa banyak guncangan.

Penumpang Kereta Api
(Foto: Okezone.com)

Rangkaian kereta ini sempat mengalami beberapa pemugaran ulang di INKA pada tahun 2000-an akhir da mengubah warna bagian luar dari merah muda menjadi ungu.

Pada tahun 2018, KA Argo Bromo Anggrek mengoperasikan kelas luxury. Rangkaian KA kelas eksekutif berbahan stainless steel buatan INKA mulai digunakan pada tahun 2019, dan rangkaian KA buatan tahun 1997 dan 2001 dipindahkan ke Depot Kereta Api (SMC) Semarang Poncol untuk pengoperasian KA.

Pada akhir tahun 2019 hingga 2020, KA ini akan menambah jumlah pemberhentian sehingga melayani penumpang di Stasiun Bojonegoro dan Stasiun Pekalongan.

Pada 24 September 2021, bertepatan dengan HUT ke-24, kecepatan maksimal KA Argo Bromo Anggrek kembali ditingkatkan menjadi 120 km/jam, mempersingkat waktu tempuh sekitar 20 menit dari itinerary sebelumnya. Dengan demikian, perjalanan dari Surabaya ke Jakarta dan sebaliknya dapat ditempuh dalam waktu sekitar 8 jam 10 menit.

Follow Berita Okezone di Google News

(put)

image