Kelebihan dan Kekurangan Redmi A2 Plus – Jagokan Android Go Edition

Redmi A2 Plus yang mengandalkan Android Go Edition tentunya punya kelebihan dan kekurangan sebagai perangkat entry-level

Kelebihan dan Kekurangan Redmi A2 Plus – Jagokan Android Go Edition

Kelebihan dan Kekurangan Redmi A2 Plus Header

Gadgetren – Melalui Redmi A2 Plus, Xiaomi berusaha menghadirkan perangkat entry-level lainnya dengan menggunakan sistem operasi Android 12 Go Edition.

Seperti perangkat Android masa kini pada umumnya, Redmi A2 Plus hadir dengan dukungan layar yang memenuhi bagian depan ditambah poni berbentuk waterdrop untuk menyimpan kamera depan.

Xiaomi tetap menghadirkan sensor fingerprint pada bagian belakangnya agar memudahkan pembukaan kunci layar secara cepat menggunakan sidik jari tanpa perlu memasukkan Password, Pattern, maupun PIN terlebih dulu.

Meskipun Xiaomi mengungkapkan bahwa perangkat ini memiliki harga yang terjangkau, namun informasi mengenai harga pastinya belum diungkap sama sekali

Kelebihan Xiaomi Redmi A2 Plus

Dapur pacu Redmi A2 Plus dipercayakan pada chipset MediaTek Helio G36 (12nm) Octa-Core 2,2 GHz yang dirancang untuk membuat perangkat entry-level dapat menjalankan aktivitas sehari-hari secara lancar.

MediaTek Helio G36 juga didukung fitur MediaTek HyperEngine 2.0 Lite Gaming Technology yang mampu meningkatkan kestabilan jaringan dan performa ketika bermain game.

Dukungan RAM LPDDR4X dengan pilihan kapasitas 2 GB atau 3 GB didaulat untuk mendampingi performa chipset besutan MediaTek tersebut dalam menangani aktivitas multitasking. Terdapat juga fitur Memory Extension yang dapat meminjam ruang kosong penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual hingga 2 GB.

Adapun penyimpanan internalnya mempunyai kapasitas 32 GB dan tersedia slot microSD hingga 1 TB jika ingin diekspansi. Redmi A2 Plus hadir dengan dukungan layar IPS LCD 6,52 inci dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel) yang mampu menampilkan konten dengan jelas.

Terdapat fitur Eye Care yang dapat mengurangi radiasi sinar biru sehingga mata tidak mudah kelelahan. Sistem operasi dari perangkat ini menjalankan Android 12 Go Edition yang memang menyasar kelas entry-level karena hanya membutuhkan minimal RAM 512 MB saja.

Sumber energi kehidupan dari perangkat ini dipercayakan pada baterai 5.000mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, Redmi A2 Plus diklaim Xiaomi mampu bertahan selama 19 jam untuk memainkan video, 28 jam untuk telepon, 33 jam untuk membaca konten, atau 626 jam dalam kondisi siaga.

Tentunya daya tahan baterai Redmi A2 Plus termasuk ideal bagi pengguna yang menginginkan ponsel yang mampu bertahan lama ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Kekurangan Redmi A2 Plus

Meskipun hadir dengan dukungan dua kamera belakang, namun Redmi A2 Plus tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide. Padahal kamera ini sudah digunakan oleh beberapa ponsel kompetitor karena fungsinya yang mampu menghasilkan foto dengan area yang luas secara instan.

Dengan tidak hadirnya kamera ultrawide, mau tidak mau harus menggunakan mode Panorama untuk bisa mendapatkan foto yang lebih lebar. Tidak hadirnya kamera makro pun membuat fotografi jadi kurang bisa berkreasi saat ingin mengambil foto dari jarak sangat dekat.

Untuk membuat harganya menjadi lebih terjangkau, Redmi A2 Plus juga tidak dilengkapi dengan fitur Fast Charging karena hanya memiliki 10W Charging sehingga pengisian daya baterainya tidak berjalan terlalu cepat mengingat kapasitas yang besar mencapai 5.000mAh.