Kaleidoskop Hiburan: 10 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak Selama 2022

Kaleidoskop Hiburan: 10 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak Selama 2022

Kaleidoskop Hiburan: 10 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak Selama 2022
image
Jakarta: Tahun 2022 merupakan tahun kembalinya aktivitas masyarakat selepas pandemi Covid-19. Masyarakat menyambut baik kehadiran aktivitas hiburan seperti bioskop yang sudah mulai dibuka.
 
Tahun 2022 juga merupakan tahun bangkitnya perfilman indonesia dari berbagai genre seperti horor, komedi, action dan romantis yang telah rilis di tahun 2022. Di tahun ini juga beberapa film Indonesia memecahkan rekor sebagai film terlaris dengan penonton terbanyak.
 
Berikut 10 film Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak selama tahun 2022:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. KKN Desa Penari
 
Film KKN Desa Penari diadaptasi dari kisah nyata yang sempat viral di media sosial pada tahun 2013 lalu. Film yang dibintangi oleh Tissa Biani ini telah menyentuh angka 9,2 juta penayangan.
 
Film ini bercerita tentang sekelompok mahasiswa yang sedang menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari kampusnya di sebuah desa. Namun, dalam menjalankan program KKN tersebut tidak berjalan mulus. Mereka harus melewati beberapa hal buruk yang terjadi.
 
Para mahasiswa justru harus berhadapan dengan beragam makhluk halus yang merupakan penunggu desa tersebut. Setelah tayang di bioskop, kini KKN Desa Penari dapat disaksikan di Disney Plus.
 
2. Pengabdi Setan 2: Communion
 
Film yang disutradari oleh Joko Anwar ini telah disaksikan 6,39 juta penonton. Joko Anwar sukses membuat film ini mengundang jeritan penonton yang menyaksikan.
 
Setelah film KKN Desa Penari, Pengabdi Setan 2 juga menjadi perbincangan di media sosial. Bahkan, Pengabdi Setan 2 merupakan film paling laris sepanjang ketiga menggeser film Dilan 1990.
 
3. Miracle In Cell No.7
 
Film yang dibintangi oleh Vino G. Bastian, Graciella Abigail, dan Indro Warkop ini juga sukses menjadi penonton terbanyak ke 3 di Indonesia sepanjang 2022. Miracle In Cell No.7 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini pertama kali tayang di bioskop pada 8 September 2022, di akhir penayangannya film ini mendapatkan 5,8 juta penonton.
 
Miracle In cell No.7 merupakan film adaptasi dari film Korea dengan judul yang sama berkisah tentang Dodo Rozak (Vino G. Bastian) yang hanya ingin menjadi ayah yang baik bagi anaknya, Kartika (Graciella Abigail/ Mawar De Jongh) walau memiliki keterbatasan.
 
4. Ngeri Ngeri Sedap
 
Mengambil cerita dengan berlatar belakang suku Batak, Bene Dion Rajagukguk sukses membuat film Ngeri Ngeri Sedap ditonton hingga 2,8 juta penonton. Film yang disutradarai dan ditulis Bene Dion Rajagukguk ini juga dibintangi oleh Arswendy Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir, Gita Bhebhita, Lolox, dan Indra Jegel.
 
Ngeri Ngeri Sedap menceritakan tentang problematika dari kerinduan Pak Domu dan Mak Domu yang merindukan anak-anaknya.
 
5. Ivanna
 
Film adaptasi dari novel Meruntih Berang: Ivanna Van Dijk yang ditulis oleh Risa Saraswati berhasil mendapatkan 2,7 juta penonton. Sutradara Kimo Stamboel sukses membuat penonton merinding dalam filmnya.
 
Film ini menceritakan seorang remaja bernama Ambar yang menjadi sensitif terhadap hal gaib setelah melakukan operasi mata. Ia dan adiknya pindah ke panti asuhan yang ternyata memiliki rahasia kelam.
 
6. Sayap Sayap Patah
 
Film Sayap Sayap Patah yang dibintangi oleh Nicholas Saputra sukses meraup 2,4 juta penonton. Film ini mengisahkan tentang kisah cinta Aji (Nicholas Saputra) yang berprofesi sebagai Densus 88 dan Nani  Istrinya (Ariel Tatum).
 
Nani mencemaskan profesi Aji yang selalu berada dalam barisan depan memberantas terorisme membuat Nani istrinya yang sedang hamil tua khawatir dan membuat kandungannya bermasalah.
 
7. Mencuri Raden Saleh
 
Mencuri Raden Saleh yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini dibintangi oleh Iqbal Ramadhan dan Umay Shahab pertama kali tayang pada 25 Agustus 2022 dan telah menyentuh angka 2,3 juta penonton.
 
Film ini berkisah tentang Piko (Iqbal Ramadhan) yang merupakan mahasiswa seni berusaha mendapatkan uang dengan memalsukan lukisan. Uang tersebut digunakan untuk membebaskan ayahnya yang berada di dalam penjara
 
Karena keahliannya tersebut, Piko mendapatkan tawaran untuk mencuri lukisan Raden Saleh yang dijaga ketat di Istana Negara. Untuk keberhasilan rencananya tersebut, Piko membentuk tim yang berisi Ucup (Angga Yunanda, hacker), Sarah (Aghniny Haque, atlet bela diri), Gofar (Umay Shahab, mekanik), Tuktuk (Ari Irham, pembalap liar) dan Fella (Rachel Amanda, bandar judi kampus).
 
Dalam pelaksanaan misinya itu, mereka dihadapkan berbagai macam rintangan yang berpotensi merenggut hal-hal berharga seperti persahabatan, hubungan percintaan, hingga keluarga mereka.
 
8. Kukira Kau Rumah
 
Kukira Kau Rumah merupakan film pertama dari Umay Shahab yang dibintangi oleh aktris dan aktor top seperti Prilly Latuconsina, Jourdy Pranata, Shenina Cinnamon dan lainnya. Keberhasilan Umay Shahab berhasil membawa film ini ditonton oleh 2,2 juta penonton.
 
Film ini diadaptasi dari lagu milik Amigdala yang berjudul Kukira Kau Rumah. Umay Shahab juga memulai debutnya pada film ini dengan Prilly Latuconsina sebagai produser. Umar menghadirkan film ini dengan isu kesehatan mental.
    
9. The Doll 3
 
The Doll 3 merupakan film horor yang disutradarai oleh Rocky Soraya. Film produksi Hitmaker Studios ini dibintangi oleh Jessica Mila dan Winky Wiryawan serta menjadi seri terakhir dari The Doll. The Doll 3 berhasil mencatatkan raihan 1,76 juta penonton.
 
10. Qodrat
 
Film yang tayang pada 27 Oktober 2022, film Qodrat sukses disaksikan oleh 1,75 juta orang. Sutradara Charles Gozali berhasil menyajikan film yang dinilai sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia. Dengan begitu film ini menjadi salah satu film yang ramai diperbincangkan di media sosial.
 
(Raja Alif Adhi Budoyo)