Jenazah Ratu Elizabeth II Diterbangkan ke London

Jenazah Ratu Elizabeth II diterbangkan ke London, Inggris. Jenazah ratu yang meninggal pada usia 96 tahun itu kini meninggalkan Skotlandia untuk selamanya.

Jenazah Ratu Elizabeth II Diterbangkan ke London
Edinburgh -

Jenazah Ratu Elizabeth II diterbangkan ke London, Inggris. Jenazah ratu yang meninggal pada usia 96 tahun itu kini meninggalkan Skotlandia, Britania Raya, untuk selamanya.

Dilansir dari BBC, Selasa (13/9/2022), jenazah Ratu Elizabeth II, meninggalkan Katedral St Giles menuju Bandara Edinburgh, sore ini waktu setempat. Putri Anne turut mendampingi jenazah sang ibu.

Sebagai informasi, Ratu Elizabeth memang secara khusus meminta putrinya, Putri Anne untuk mendampinginya di hari-hari kematiannya hingga pemakaman kenegaraan nanti.

Sepanjang perjalanan menuju Bandara Edinburgh, ribuan warga berjajar di jalanan untuk melepas kepergian Ratu Elizabeth untuk terakhir kalinya. Sebelumnya, dilaporkan ada 26 ribu warga yang datang ke Katedral St Giles untuk secara langsung melihat peti jenazah ratu yang bertakhta selama 70 tahun itu.

Setibanya di Bandara Edinburgh, peti jenazah Ratu Elizabeth ditandu oleh prajurit Angkatan Udara Kerajaan. The Guard of Honor dari Resimen Kerajaan Skotlandia kemudian memberikan Royal Salute terakhir. Saat pesawat mulai bergerak, band resimen memainkan satu bait lagu kebangsaan.

Jenazah Ratu Elizabeth di Bandara Edinburgh sesaat sebelum diterbangkan ke London (AFP)Jenazah Ratu Elizabeth di Bandara Edinburgh sesaat sebelum diterbangkan ke London (AFP)

Jenazah Ratu Elizabeth diterbangkan ke London menggunakan pesawat Royal Air Force (RAF) C-17. Pesawat militer yang membawa peti jenazah Ratu itu kini telah lepas landas. Pesawat itu diperkirakan akan mendarat di Northolt, sebelah barat London, dalam waktu sekitar satu jam.

Seperti diketahui, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Kastil Balmoral, Aberdeenshire, Skotlandia. Jenazah Ratu Elizabeth kemudian dibawa ke Edinburgh melalui jalur darat.

Di Edinburgh, jenazah Ratu Elizabeth kemudian disemayamkan sementara di Katedral St Giles sejak Senin (12/9) sore waktu setempat, sebelum diterbangkan ke London.

Nantinya, setibanya di London, jenazah Ratu Elizabeth akan dibawa ke Istana Buckingham. Keesokannya, jenazah Lilibet, panggilan akrab Ratu Elizabeth, akan dibawa ke Westminster Hall untuk disemayamkan selama beberapa hari hingga upacara pemakaman kenegaraan digelar pada 19 September di Westminster Abbey. Jenazah Ratu Elizabeth kemudian dimakamkan ke Kapel St George di Kastil Windsor.

(mae/aik)